Menteri Teten alokasikan seluruh LPDB-KUMKM untuk koperasi

Menteri Teten alokasikan seluruh LPDB-KUMKM untuk koperasi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Teten Masduki saat menghadiri rapat kerja dengan Komite IV DPD RI di Jakarta, Selasa (14/1/2020). ANTARA/Sella Panduarsa Gareta/am.

Kami akan fokus membangun koperasi masa depan.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Teten Masduki menyebut Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) akan dialokasikan untuk koperasi seluruhnya atau 100 persen tahun ini.

“Kami sudah putuskan mulai awal tahun ini, LPDB yang ada di kami itu 100 persen untuk koperasi. Karena kami ingin menumbuhkan koperasi,” kata Teten ditemui usai menggelar rapat kerja dengan Komite IV DPD RI di Jakarta, Selasa.

Teten menyampaikan, upaya tersebut dilakukan sebagai komitmennya untuk mendorong agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mau melakukan kegiatan koperasi.

Menurut dia, hingga akhir 2019, realisasi penyaluran dana LPDB telah mencapai Rp1,724 triliun atau 101,42 persen. Teten berencana menambah dana LPDB tahun depan.

“Menurut saya kita ada potensi untuk penambahan anggaran. Supaya pembiayaan koperasi bertambah. Kami akan fokus membangun koperasi masa depan. Pengalaman koperasi itu tumbuh di negara kapitalis. Karena mereka masuk ke sektor riil bukan lagi di sektor simpan pinjam,” ujar Teten.

Teten juga menyampaikan bahwa ia menginginkan adanya pembiayaan khusus untuk koperasi guna menumbuhkan koperasi nasional termasuk mendukung pembiayaan UMKM.

“Untuk bank, kalau ada bank khusus untuk koperasi memang sangat baik. Apalagi bank bentuknya koperasi. Ini yang harus kita pikirkan sama-sama, walaupun BRI sudah diprioritaskan kreditnya untuk UMKM dan koperasi,” kata dia.

Bank khusus koperasi dinilai akan semakin memperkuat dan mewujudkan koperasi sebagai tulang punggung ekonomi masyarakat.


Baca juga: Teten Masduki imbau koperasi garap sektor produksi
Baca juga: Teten gandeng aktivis brand lokal dongkrak citra UKM kuliner
Baca juga: Teten dorong kelompok usaha budidaya ikan untuk berkoperasi


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menuju perubahan konsep bisnis mal Sarinah

Komentar