TNI AD dan AD Thailand tanda tangan pengaturan kerja sama ke empat

TNI AD dan AD Thailand tanda tangan pengaturan kerja sama ke empat

Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand, Jenderal Apirat Kongsompong (kiri), dan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan), saat menandatangani pengaturan implementasi kerjasama ke empat di Markas Kodam IM, Banda Aceh, Selasa (14/1/2020). ANTARA/Khalis

Banda Aceh (ANTARA) - Angkatan Darat kerajaan Thailand dan TNI AD menandatangani pengaturan tentang implementasi kerjasama (Implementing Arrangement) ke empat antara kedua angkatan darat bersenjata tersebut di Markas Kodam Iskandar Muda, di Banda Aceh.

Penandatanganan implementasi kerjasama dilakukan langsung oleh Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand, Jenderal Apirat Kongsompong, dengan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, yang turut disaksikan Panglima Kodam IM, Mayor Jenderal TNI Teguh Indratmoko, serta pejabat pemerintah Aceh.

"Hari ini saya dengan panglima angkatan darat Thailand menandatangani pengaturan tentang implementasi kerja sama antara angkatan darat Indonesia dengan angkatan darat Thailand yang ke empat," kata Perkasa, di Banda Aceh, Selasa.

Perjanjian kerjasama antara TNI AD dengan Angkatan Darat Kerajaan Thailand itu untuk periode 2020-2023. Sebelumnya, kata Perkasa, kerja sama sudah pernah dilakukan pada 2008 sebagai penandatanganan pertama, dan berlanjut hingga sekarang.

Kata dia, penandatanganan kerjasama kedua dilakukan kedua negara itu pada 2010, serta penandatanganan kerjasama periode ke tiga dilakukan pada 2015, hingga kerjasama yang keempat dilakukan pada awal 2020.

"Semua ini adalah tindak lanjut dari term of reference  kerja sama antara panglima TNI dengan panglima Angkatan Bersenjata Thailand pada 2007 dulu," katanya.

Ia menjelaskan, kerjasama yang akan dilakukan kedua angkatan darat itu meliputi pendidikan, latihan bersama, pertukaran kunjungan pejabat senior kedua angkatan angkatan darat serta berbagai kerjasama lainnya.

"Jadi kerjama ini baik dalam hal pendidikan, latihan, dan pertukaran kunjungan seperti ini, saya (juga) sudah ke sana (Thailand), ini dalam rangka mempererat hubungan, kita saling belajar satu sama lain," katanya.

General Apirat berkunjung ke Tanah Rencong menggunakan penerbangan militer Thailand. Turut didampingi Kepala Staf RTA, Jenderal Teerawat Boonyawat, Danjen 4th Army Area RTA Letjen Pornsak Poolsawat, Danjen Kopassus RTA Letjen Phumipa Chansawang, Dirjen Direktorat Intelijen RTA Letjen Chairat Changkaew serta para pejabat RTA.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

SWF, wadah investasi yang akan dimiliki Indonesia

Komentar