NBA

Triple-double bersejarah Gilgeous-Alexander antar Thunder menang

Triple-double bersejarah Gilgeous-Alexander antar Thunder menang

Guard Oklahoma City Thunder Shai Gilgeous-Alexander (2) melepaskan tembakan ke Houston Rockets dalam pertandingan NBA di Chesapeake Energy Arena di Oklahoma City, AS, yang dimenangkan Thunder 113-92. (REUTERS/USA TODAY Sports/Alonzo Adams)

Jakarta (ANTARA) - Shai Gilgeous-Alexander mencetak triple-double pertama dalam karirnya dengan 20 poin, 20 rebound dan 10 assist untuk mengantarkan Oklahoma City Thunder menang 117-104 atas Minnesota Timberwolves di Minneapolis, Senin malam waktu setempat atau Selasa WIB.

Gilgeous-Alexander, guard yang memasuki tahun kedua bersama Thunder, sebelum ini belum pernah menghasilkan lebih dari 10 rebound sepanjang 121 pertandingan selama karirnya.

Pada usia 21 tahun 185 hari, dia menjadi pebasket paling muda yang membukukan 20 poin, 20 rebound dan 10 assist dalam satu pertandingan, sehingga memecahkan rekor yang dipegang Maurice Stokes sejak 1956. Dia juga menjadi pemain paling muda di antara pemain yang mencetak triple-double dengan 20 rebound sehingga melewati rekor Shaquille O'Neal pada 1993.

Lihat juga: Boston Celtics kalahkan Chicago Bulls 113-101

Danilo Gallinari memimpin Oklahoma City dengan poin terbanyak dalam pertandingan ini dengan 30 poin.

Center muda Naz Reid mengemas 20 poin untuk Minnesota Timberwolves, sedangkan Robert Covington menyumbangkan 18 poin untuk tim yang sama.

Thunder menorehkan kemenangan ke-12 dalam 15 pertandingan terakhir, sedangkan Timberwolves menelan kekalahan ketiga dalam empat pertandingan terakhir.

Gilgeous-Alexander menjadi pemain kelima dalam sejarah Oklahoma City dan yang pertama musim ini yang menciptakan triple-double. Russell Westbrook, Kevin Durant, Paul George dan Serge Ibaka juga pernah mempersembahkan triple-double bersama Thunder.

Lihat juga: LA Lakers kalahkan Cleveland Cavaliers 128-99

Total rebound Gilgeous-Alexander adalah yang paling banyak yang dihasilkan seorang guard dalam NBA musim ini, mengalahkan pencapaian pemain Dallas Mavericks Luka Doncic saat menciptakan 18 rebound kala melawan New Orleans Pelicans pada 3 Desember.

Thunder mencatat efektivitas lemparan 50 persen, sedangkan Gallinari dan Gilgeous-Alexander masing-masing berhasil pada 8 dari 12 lemparan mereka. Gallinari berhasil pada 11 dari 12 lemparan bebas ketika Oklahoma City mengonversi 23 poin dari 26 lemparan bebas.

Dalam laga ini tujuh pemain Oklahoma City mencetak double figure atau dua digit angka untuk dua kategori nilai, demikian Reuters.

Baca juga: Kalahkan Wizzard, Jazz raih kemenangan kesembilan beruntun

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar