Bappeda dukung usulan wali kota Bogor soal program prioritas

Bappeda dukung usulan wali kota Bogor soal program prioritas

Bus wisata Uncal Kota Bogor melintas di atas jalan layang RE Martadinata, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/1/2020). Uji coba jalan layang sepanjang 458 meter yang dibangun Kementerian PUPR untuk mengatasi kemacetan di jalur perlintasan kereta api tersebut akan berlangsung selama sepekan. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz)

Pada 2020 ini, Bappeda akan menyelesaikan enam kajian dalam program prioritas Kota Bogor
Bogor (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Hanafi mengatakan Bappeda memberikan dukungan penuh terhadap sejumlah program prioritas Pemerintah Kota Bogor yang diusulkan wali kota.

"Wali Kota Bogor mengusulkan sejumlah program prioritas yang dijalankan pada tahun anggaran 2020 ini. Bappeda sebagai lembaga perencana di Pemerintah Kota Bogor, mendukung penuh usulan wali kota," kata Hanafi di Balai Kota Bogor, Selasa, usai rapat koordinasi antara kepala Bappeda dan jajarannya dengan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Menurut Hanafi, Bappeda saat ini sedang melakukan kajian terhadap beberapa program prioritas Pemerintah Kota Bogor untuk menjadi rencana induk (master plan), misalnya program penataan transportasi serta program penataan pedagang kaki lima dan revitalisasi pedesterian.

Baca juga: Bappeda diinstruksikan pastikan capaian target strategis Kota Bogor
Baca juga: Konsep pembangunan Kota Bogor jauhi Istana Presiden


Bappeda Kota Bogor pada 2020 ini, kata dia, juga melakukan kajian mengenai peningkatan sumber daya manusia, di antaranya ketahanan keluarga dan perencanaan pendidikan.

Pada sektor ekonomi, menurut Hanafi, Bappeda juga melakukan kajian mengenai peningkatan potensi ekonomi dan peningkatan pendapatan daerah.

"Pada 2020 ini, Bappeda akan menyelesaikan enam kajian dalam program prioritas Kota Bogor," katanya.

Menurut dia, hasil kajian itu nantinya menjadi dasar bagi program pembangunan yang dijalankan oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca juga: Mantan wali kota Bogor setuju pembangunan alun-alun
Baca juga: Pemkot Bogor sinkronkan rencana pembangunan LRT dengan RTRW


Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meminta Bappeda dapat mempublikasikan hasil kajiannya kepada publik dan media sehingga rencana pembangunan Kota Bogor dapat tersosialisasi secara bertahap.

Beberapa program prioritas Pemerintah Kota Bogor yang sedang berjalan adalah, penataan moda transportasi, penataan pedagang kaki lima, serta pembangunan jalan ring road regional (R3).
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar