Liga 1 Indonesia

Sudirman sebut kondisi para pemain Persija berada di level 60 persen

Sudirman sebut kondisi para pemain Persija berada di level 60 persen

Asisten pelatih Persija Jakarta Sudirman menjawab pertanyaan para pewarta di kompleks Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (14/1/2020). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih Persija Jakarta Sudirman mengatakan kondisi fisik para pemain asuhannya saat ini rata-rata berada di level 60 persen.

"Sekarang masih 60 persen, belum top performance," kata Sudirman saat ditemui setelah memimpin latihan tim di Lapangan Sutasoma, kompleks Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Para pemain Persija menjalani latihan resmi kedua mereka setelah mendapat libur selepas berakhirnya musim kompetisi 2019. Pada Selasa, terdapat 15 pemain yang mengikuti latihan.

Baca juga: Manajer Persija Jakarta Ardhi Tjahjoko mundur

Meski para pemain menjalani libur, Sudirman menuturkan bahwa tim pelatih tetap memberikan menu latihan fisik untuk dijalankan tiap-tiap pemain untuk menjaga kondisi.

Lebih lanjut Sudirman mengatakan latihan hari kedua itu masih menekankan pada mengembalikan kebugaran dan meningkatkan daya tahan.

Persija memilih untuk hanya melakukan latihan bersama pada sore hari, karena menurutnya para pemain masih melakukan pemulihan.

Saat ini, Sudirman masih memimpin latihan tim karena pelatih baru Persija asal Brazil Sergio Farias masih melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan di kampung halamannya. Ia mengakui bahwa dirinya belum melakukan komunikasi dengan pelatih anyar tersebut, tetapi hal itu tidak menjadi hambatan dalam mempersiapkan tim.

Baca juga: Alfath tidak mendapat teror setelah bergabung ke Persija

"Latihan sepak bola itu universal. Ada prinsip yang harus dilakukan. Pertama mengejar endurance. Saat ini saya menuju ke sana," kata pria dengan julukan "Jendral" itu.

Sejumlah pemain seperti Ismed Sofyan dan Marco Simic masih belum mengikuti latihan, namun Sudirman mengatakan ia menargetkan pada 20 Januari seluruh anggota tim telah kembali berkumpul dalam kondisi lengkap.

Menjelang musim baru kompetisi, biasanya tim melakukan beberapa pertandingan ujicoba. Untuk Persija, saat ini Sudirman mengatakan belum ada rencana untuk laga-laga semacam itu.

"Belum (ada rencana pertandingan ujicoba). Pelatih baru kan belum datang. Dalam satu-dua pekan ke depan akan lebih banyak latihan fisik," ujarnya.

Baca juga: Persija konfirmasi rekrut Marco Motta

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pembangunan Jakarta International Stadium dimulai

Komentar