...ASEAN Tourism Website diharapkan menjadi sumber online terpercaya...
Bandar Seri Begawan (ANTARA) - Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) kini resmi memiliki laman pariwisata yang telah diperbarui dan diharapkan menjadi sumber terpercaya dalam memberikan informasi serta rekomendasi wisata di kawasan tersebut.

"Sekarang karena kita mulai online, ASEAN Tourism Website diharapkan menjadi sumber online terpercaya menangkap minat Asia Tenggara sebagai kawasan untuk menikmati budaya dan cara hidup alami untuk memenuhi permintaan yang meningkat," kata Dato Seri Setia Haji Ali bin Apong, Ketua ASEAN Tourism Ministerial Meeting dan Ketua Dewan Pengarah ASEAN Tourism Forum 2020 di Bandar Seri Begawan, Selasa malam.

Dato Seri Setia Haji Ali menuturkan laman yang bisa diakses melalui https://www.aseantourism.travel/ itu memiliki tampilan baru, yang lebih ramah digunakan masyarakat.

Dato Seri Setia mengatakan industri pariwisata di ASEAN terus mengalami pertumbuhan dalam satu dekade terakhir dan terus menjadi kontributor dalam pembangunan sosial ekonomi di kawasan tersebut.

Ia juga menilai peningkatan kunjungan wisata telah memberikan peluang untuk menggerakan investasi dan membuka lapangan kerja.

Tapi di sisi lain, peningkatan kunjungan turis tidak berbanding lurus dengan penyediaan kapasitas hingga fasilitas dan layanan.

Peluncuran laman baru ASEAN Tourism digelar secara bersamaan dengan upacara pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 yang dilakukan oleh Putra Mahkota Brunei Darussalam dan Senior Minister at the Prime Minister's Office, Haji Al-Muhtadeen Billah ibni Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaullah. Rangkaian ATF 2020  digelar pada 12-16 Januari 2020.

ATF menjadi upaya kooperatif regional untuk mempromosikan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Selain Indonesia, sembilan negara lainnya juga hadir yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain digelar pertemuan tingkat menteri, ada pula TRAVEX yang memamerkan destinasi, produk dan layanan wisata ASEAN yang diselenggarakan pada 14-16 Januari 2020.

Dari Indonesia, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo turut hadir dalam pembukaan ATF 2020 dan akan menghadiri kegiatan Ministerial Meeting.

Baca juga: Anggota ASEAN terapkan strategi promosi pariwisata bersama



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020