Kaisar Jepang akan melakukan kunjungan resmi ke Inggris

Kaisar Jepang akan melakukan kunjungan resmi ke Inggris

Permaisuri Emerita Jepang Michiko, Kaisar Emeritus Akihito, Kaisar Naruhito, Permaisuri Masako dan keluarga kerajaan melambaikan tangan kepada pemberi selamat saat muncul di hadapan publik untuk perayaan Tahun Baru di Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang, Kamis (2/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/wsj/djo

London (ANTARA) - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako menerima undangan dari Ratu Elizabeth untuk melakukan kunjungan resmi ke Inggris pada awal tahun ini.

"Yang Mulia Kaisar beserta Permaisuri Jepang mendapat undangan dari Yang Mulia Ratu untuk melakukan kunjungan balasan kenegaraan ke Inggris pada musim semi 2020," demikian Istana Buckingham.

"Yang Mulia Kaisar dan Permaisuri (Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako) akan bermalam di Istana Windsor," katanya.

Kepergian Inggris dari Uni Eropa, yang dijadwalkan pada 31 Januari 2020, mengkhawatirkan sejumlah investor Jepang dan perusahaan besar, yang didukung oleh mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher untuk menjadikan negara tersebut sebagai landasan pintu masuk ke Eropa.

Elizabeth menyambut dua kunjungan resmi sebelumnya dari Jepang, yakini kunjungan resmi Kaisar Akihito pada 1998 dan kunjungan resmi Kaisar Showa (Hirohito) pada 1971.

Kunjungan itu terjadi di tengah protes para mantan tahanan perang Inggris yang menginginkan permintaan penuh dan kompensasi lebih lanjut atas penderitaan Perang Dunia II.

Ratu beserta suaminya, Pangeran Philip, melakukan kunjungan resmi ke Jepang pada 1975 atas undangan Kaisar Showa.

Sumber: Reuters
Baca juga: Kaisar Jepang Naruhito mulai upacara penobatan
Baca juga: Akhiri ritual penobatan, kaisar Jepang bermalam bersama Dewi Matahari
Baca juga: Kaisar baru Jepang janji berikan yang terbaik bagi rakyat

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar