Hipmi: Bertambahnya jumlah pengusaha dorong ekonomi berkembang

Hipmi: Bertambahnya jumlah pengusaha dorong ekonomi berkembang

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Mardani H Maming saat pidato acara pelantikan di Jakarta, Rabu (15/1/2020).(Antara)

Jakarta (ANTARA) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menilai bahwa bertambahnya jumlah pengusaha di dalam negeri dapat mendorong perekonomian Indonesia lebih berkembang.

"Dengan menumbuhkan 'enterpreneur' baru, akan menumbuh kembangkan perekonomian," ujar Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Mardani H Maming ditemui usai Munas HIPMI XVI di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan bertambahnya jumlah pengusaha juga dapat mengurangi angka pengangguran di dalam negeri.

Baca juga: Hipmi berharap pengusaha miliki kesempatan sama kerjakan proyek

Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi kebijakan pemerintah yang mulai mengatur agar lebih mendorong pengusaha bertambah.

"Kata Presiden, ada regulasi yang mengatur bagaimana anak muda membuka kesempatan jadi pengusaha muda. Kalau itu tidak diatur dalam regulasi, maka kita yang muda-muda tidak punya kesempatan. Misalnya dalam hal pelelangan, kita tidak akan menang dari pengusaha yang sudah ada sebelumnya," katanya.

Ia berharap ada penunjukan langsung oleh pemerintah dalam pengerjaan suatu proyek, terutama di daerah.

"Kita mau ada penunjukan langsung, misal untuk proyek di bawah Rp200 miliar. Sehingga akan membangun enterpreneur," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi jawab keluhan HIPMI soal kemitraan dengan BUMN

Saat ini, Maming mengatakan, jumlah anggota Hipmi yang terdaftar mencapai sekitar 50 ribu anggota. Diharapkan, anggota Hipmi itu memiliki kesempatan sama dengan BUMN dalam mengerjakan proyek pemerintah.

Dalam rangka mendorong bertambahnya jumlah pengusaha, Hipmi akan terus menggencarkan program Hipmi Goes to Campus, Hipmi Goes to School, Hipmi Santripreneur serta membuka akses permodalan dan pembinaan bagi seluruh anggota Hipmi.

Ia mengharapkan dunia usaha dapat lebih bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah.

"Saya berharap SDM para pengusaha muda Indonesia kelak dapat berkembang menjadi pengusaha yang handal, profesional dan memiliki daya saing. Di dunia usaha harus terus sinergi dengan pemerintah daerah. Dengan begitu, akan lahir banyak pengusaha muda hebat dari daerah, munculnya peluang investasi, terbuka lapangan kerja baru, sehingga ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia semakin meningkat," kata Maming.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi minta Erick Thohir libatkan HIPMI kerjakan proyek BUMN

Komentar