Polda Kalbar akan kerahkan 677 personel amankan Perayaan Imlek-CGM

Polda Kalbar akan kerahkan 677 personel amankan Perayaan Imlek-CGM

Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono  (istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat akan mengerahkan sebanyak 677 personel polisi untuk mengamankan Perayaan Imlek dan Cap Go Meh (CGM) tahun 2020 di provinsi itu.

"Fokus pengamanan kita pada Perayaan Imlek dan CGM tahun 2020 di enam kabupaten/kota, yakni Kota Singkawang, Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Sambas dan Bengkayang," kata Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, pihaknya memfokuskan pengamanan pada sejumlah lokasi, seperti pada pusat keramaian, vihara, Bandara Supadio Pontianak, terminal dan sejumlah objek wisata lainnya yang ada di Kota Singkawang dan lainnya.

"Salah satu fokus kami juga menjaga kelancaran selama Perayaan Imlek dan CGM, sehingga aktivitas warga Tionghoa yang merayakannya Imlek dan masyarakat lainnya juga menjadi lancar, aman dan terkendali," kata Didi.

Kapolda Kalbar menambahkan, Perayaan Imlek dan CGM di Kalbar akan dihadiri oleh sejumlah menteri, salah satunya Menkopolhukam dan pejabat negara lainnya, serta tamu-tamu dari negara lainnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go menyatakan, pihaknya Rabu (15/1) telah menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait lainnya, guna mengecek kesiapan dalam pengamanan Perayaan Imlek dan CGM di sejumlah wilayah di Kalbar.

"Dalam Rakor itu, kami telah meminta berbagai informasi kepada pihak panitia terkait berbagai kegiatan dalam Perayaan Imlek dan CGM oleh warga Tionghoa yang ada di Kalbar," ujarnya.

Hal itu, dilakukan sebagai langkah dan antisipasi dalam menjaga kelancaran dan keamanan sepanjang Perayaan Imlek dan CGM di beberapa wilayah di Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Kabid Humas Polda Kalbar menambahkan, pihaknya akan melakukan gelar pasukan untuk pengamanan Perayaan Imlek dan CGM tahun 2020.

"Pengamanan itu dengan sandi Operasi Liong Kapuas yang akan digelar selama 17 hari atau mulai tanggal 24 Januari hingga 9 Februari 2020," ungkapnya.

Donny mengimbau dan mengajak, kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing, sehingga Perayaan Imlek dan CGM tahun 2020 berjalan dengan aman dan lancar, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: PHRI Kalbar pastikan hunian hotel naik 50 persen lebih saat Imlek
 

Pewarta: Andilala
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jelang Imlek, pengamanan 6 daerah di Kalbar ditingkatkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar