Kita berharap ini bisa tercapai, dan berkurang juga antrean di Kantor BPN sampai 40 persen, kemudian pada tahun 2024 seluruh Kantor BPN di Indonesia sudah berbasis elektronik
Tangerang (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil menyebutkan Kantor Pertanahan Kota Tangerang menjadi cerminan atau contoh pelayanan yang diharapkan masyarakat.

"Ini menjadi model bagi seluruh Kantor BPN di Indonesia, karena memang sasaran kita adalah tingkat pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik," ucap Sofyan Djalil pada peluncuran Loket Online Kantor Pertanahan Kota Tangerang yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Kamis.

Peluncuran Loket Online di BPN Kota Tangerang diresmikan dan ditinjau langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil. Turut hadir, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Banten Andi Tenri Abeng, Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Sri Pranoto, dan Kapolres Metro Tangerang Kota Sugeng Hariyanto.

Dengan adanya loket dan aplikasi online yang dimiliki BPN, Sofyan berharap pada tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia telah terdaftar sehingga tidak akan ada lagi sengketa.

"Kita berharap ini bisa tercapai, dan berkurang juga antrean di Kantor BPN sampai 40 persen, kemudian pada tahun 2024 seluruh Kantor BPN di Indonesia sudah berbasis elektronik," kata Sofyan Djalil.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan loket online di Kantor Pertanahan Kota Tangerang diharapkan bisa mendorong dan memudahkan masyarakat dalam mengurus berkas sertifikat tanah.

"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih, karena instruksi Pak Menteri ATR/BPN ditindaklanjuti oleh Kepala BPN,  bahkan ini menjadi percontohan untuk nasional dan kita siap men-support dan tentunya masyarakat Kota Tangerang akan terlayani lebih mudah," ujar Sofyan Djalil.

Baca juga: Menteri ATR ingatkan warga tidak sembarangan agunkan sertifikat

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020