Bandung (ANTARA) - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono menyebut bahwa bergabungnya penjaga gawang anyar, Teja Paku Alam dalam skuat Maung Bandung merupakan murni rekomendasi dari pelatih Robert Alberts.

Seiring dalam tahap menyesuaikan kebutuhan komposisi pemain, kata Kuswara, mungkin saja pada beberapa waktu lalu Robert belum merekomendasikan Teja. Namun pada akhirnya, Teja masuk dalam target Robert.

Baca juga: Sebut tak akan tambah kiper, Persib justru rekrut Teja Paku Alam

"Bisa saja pada saat sebelumnya pelatih belum menyampaikan (rekomendasi Teja) atau apa, tapi pelatih berfikir masih diperlukan, tentunya melihat dari sudut itu," kata Kuswara di Graha Persib Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis.

Pendeknya, kata dia, manajemen hanya menindaklanjuti apa yang direkomendasikan oleh tim pelatih yang dikepalai oleh Robert.

Menurutnya, rekomendasi itu tentunya menyesuaikan apa yang dibutuhkan pelatih untuk mengarungi musim 2020.

Namun, pernyataan yang dilayangkan oleh Kuswara itu cukup membingungkan, sebab sebelumnya Kuswara mengatakan proses negosiasi untuk mendatangkan salah satu kiper timnas itu memakan waktu cukup lama.

Sedangkan jarak waktu antara bantahan tentang rumor Teja dengan saat perekrutan terjadi cukup singkat. Hanya terpaut empat hari hingga akhirnya Persib mendatangkan Teja sebagai kiper baru.

Baca juga: Persib boyong 18 pemain untuk Asia Challenge Cup 2020 di Malaysia

Pada Senin (13/1), Direktur PT PBB Teddy Tjahjono menyebut bahwa Persib tidak lagi membutuhkan kiper baru sekaligus membantah soal rumor Teja. Namun pada Kamis (16/1) pagi, Persib secara resmi mengumumkan bergabungnya mantan kiper Semen Padang itu.

"Yang penting, saat ini sudah menjadi bagian tim Persib, kan bisa dilihat ya dari Instagram Persib," kata Kuswara.

Baca juga: I Made tak masuk daftar pemain yang dibawa Persib ke Malaysia

Penjaga gawang berusia 25 tahun itu dikontrak Persib selama dua musim ke depan. Sehingga, Teja masuk dalam lima nama kiper yang dimiliki Persib selain I Made Wirawan, Aqil Savik, Dhika Bayangkara, dan M Natshir yang masih dalam pemulihan cedera.

Teja sebelumnya memperkuat Sriwijaya FC selama enam musim dan Semen Padang selama satu musim. Kepiawaiannya menjaga gawang juga membuat Teja masuk dalam daftar pemain tim nasional Indonesia dalam AFF Championship tahun 2016.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020