Damkar Jakpus bersihkan tumpahan solar di depan kantor Setneg

Damkar Jakpus bersihkan tumpahan solar di depan kantor Setneg

Petugas pemadam kebakaran Jakarta Pusat membersihkan tumpahan solar di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/ho- dokumentasi Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat)

Kejadiannya sekitar jam setengah dua siang, itu kira-kira yang saya lihat 8 orang yang bersihkan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat membersihkan tumpahan solar di Jalan Veteran depan Gedung Krida Bakti Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis siang.

"Kejadiannya sekitar jam setengah dua siang, itu kira-kira yang saya lihat 8 orang yang bersihkan," kata salah satu saksi mata Dede Wahyudi yang juga petugas keamanan, saat ditemui di dekat Kantor Sekretariat Negara.

Dede mengatakan solar yang tumpah berasal dari mobil bak terbuka yang kebetulan melintas Jalan Veteran dan bukan milik perusahaan negara.

"Itu sih tadi lagi lewat. Kayaknya yang bawa mobil ga sadar kalau bocor bawaannya. Posisinya di jalur tengah gitu, nah abis lampu merah ya dia jalan terus. Kayaknya ada motor yang jatuh gara- gara itu, makanya Damkar langsung bersihin," kata Dede.

Tumpahan solar itu dibersihkan dengan menggunakan air dan sabun yang disapu menuju saluran air di dekat perempatan Jalan Veteran selama kurang lebih dua jam.

Baca juga: Tumpahan solar di "underpass" Pasar Minggu sempat ganggu lalu lintas

Dede mengatakan ada dua unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan untuk menyalurkan air membilas sabun dan BBM itu.

"Jalurnya kan disini ada tiga, nah itu ditutup dua. Jadi cuma satu jalur buat kendaraan lewat. Dibersihkannya cepat sih, sekarang udah kering lagi," ujar Dede.

Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Hardisiswan membenarkan pihaknya telah membersihkan tumpahan solar di depan kantor Setneg RI itu.

"Iya itu tim kami," kata Hardisiswan saat dikonfirmasi.

Hardisiswan pun mengatakan tidak diketahui asal tumpahan solar yang sempat membuat seorang pemotor tergelincir saat melaju di Jalan Veteran siang tadi.

Baca juga: Jakpus tertibkan PKL penghalang mobil damkar di Tanah Abang

"Kita tidak tahu informasi mengenai solarnya," kata Hardisiswan.
Suasana lalu lintas lancar usai tumpahan solar dibersihkan di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/ Livia Kristianti)


Pada pukul 16.30 WIB terlihat kondisi lalu lintas menuju Veteran II maupun menuju Jalan Juanda terpantau lancar dan sudah tidak ada lagi bekas dari tumpahan minyak solar itu.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar