Jakarta (ANTARA) - Head of Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen, mengatakan telah bekerjasama dengan sejumlah mitranya untuk turut membantu membangun ibukota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2024.

"Kami menyambut sangat baik kabar ibukota baru, tidak hanya dengan pemerintahan, kami sudah berhubungan dan engaged dengan banyak pihak lainnya, seperti partner-partner kami lainnya untuk menyambut ibukota baru 2024," ujar Leon dalam temu media Alibaba Cloud Day 2020 di Jakarta, Kamis.

Mengenai investasi, sebagai perusahaan penyedia teknologi, Leon mengatakan Alibaba Cloud fokus untuk terus berbagi pengetahuan dalam membantu dan mendukung apapun rencana pemerintah ke depannya.

Fokus Alibaba Cloud dalam berbagi pengetahuan tersebut menjadi komitmen perusahaan teknologi tersebut sejak masuk ke Indonesia pada empat tahun lalu.

Baca juga: Jack Ma resmi pensiun dari Alibaba

Baca juga: Bos Alibaba segera kuasai seluruh saham Brooklyn Nets


Alibaba berkomitmen untuk mengembangkan tim lokal dan menggandeng mitra lokal, dan membangun ekosistem, juga pelatihan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), serta perusahaan.

Pada 2020, Alibaba akan berinvestasi dalam membangun bakat-bakat digital di Indonesia.

Alibaba Cloud baru saja mengumumkan inisiatif bernama "Digital Talent Empowerment Program" menggandeng universitas, lembaga pelatihan dan inkubator untuk mendorong pengembangan kapasitas di bidang digital bagi para talenta di Indonesia.

Leon juga mengatakan Alibaba Cloud tidak pernah membatasi jumlah pelanggan, dan sampai sekarang telah menjangkau banyak sektor, misalnya untuk Adira di finansial, JNE di logistik, Tokopedia di e-commerce, Akulaku di fintech dan Ruangguru di e-learning.

"Alibaba Cloud tidak membatasi diri menerima pelanggan dari berbagai industri, dan pasti sampai sekarang pertumbuhan sudah lebih dari yang diharapkan. Dan untuk ke depannya, Alibaba Cloud akan terus mendorong," ujar Leon.

Baca juga: Alibaba Cloud gandeng Universitas kembangkan talenta digital

Baca juga: Lyto Game gandeng Alibaba Cloud Indonesia untuk ekspansi global

Baca juga: Alibaba tawarkan saham retail di bursa Hong Kong

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020