penyebabnya dikarenakan Switch Door Interlock Lift eror sehingga lift berhenti mendadak
Jakarta (ANTARA) - Kerusakan teknis menjadi penyebab satu unit lift di Pasar Metro Tanah Abang blok A anjlok dan membuat delapan orang terjebak selama sepuluh menit di dalamnya, Kamis.

"Keterangan sementara dari petugas pemeliharaan lift, penyebabnya dikarenakan Switch Door Interlock Lift eror sehingga lift berhenti mendadak. Selanjutnya masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut," kata Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Raden Muhammad Jauhari, saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Kamis.

Anjloknya lift di pusat perbelanjaan terbesar se-Asia Tenggara itu terjadi pada pukul 08.00 WIB tepatnya pada saat lift berada di antara lantai dua dan tiga.

Baca juga: Lift Gedung Wali Kota anjlok, Jaktim segera ganti yang baru

Proses evakuasi segera dilakukan oleh petugas keamanan dari manajemen gedung Pasar Metro Tanah Abang terhadap delapan orang yang terjebak dalam lift itu.

Berdasarkan keterangan saksi, Kartono yang bekerja sebagai petugas keamanan di Pasar Metro Tanah Abang menyebutkan, proses evakuasinya sekitar sepuluh menit.

Hingga saat ini lift masih dipasangi garis polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya, beredar video di aplikasi pesan instan WhatsApp mengenai anjloknya lift di Pasar Metro Tanah Abang.

Baca juga: Lift Gedung Walkot Jaktim sudah dua kali anjlok sejak 2018
Baca juga: Lift anjlok kantor Walkot Jaktim akibat overload


Dalam video yang beredar selama satu menit itu terdengar para pengunjung panik akibat anjloknya lift saat proses evakuasi berlangsung.

"Kita manusia pak bukan barang," ujar salah seorang pengunjung wanita yang mencoba keluar dari lift itu.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020