Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih tim nasional U-19 Nova Arianto mengatakan laga-laga internal di seleksi timnas U-19 penting bagi manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong untuk memantau kualitas pemain.

“Pertandingan-pertandingan itu menjadi cara paling cepat pelatih Shin melihat kemampuan pemain, karena dia memang belum mengenal para pemain yang ada di Indonesia,” ujar Nova ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemampuan beberapa pemain seleksi timnas U-19 kejutkan pelatih

Shin Tae-Yong menjadikan pertandingan internal sebagai menu utama dalam seleksi timnas U-19 Indonesia yang berlangsung pada 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat.

Tepatnya sejak hari kedua seleksi, Selasa (14/1), Shin selalu memberikan menu pertandingan selama 90 menit kepada 54 pemain yang dibagi menjadi empat tim.

Baca juga: Shin Tae-Yong tuntut timnas U-19 berlaga dengan intensitas tinggi

Baca juga: Peri Sandria: Shin Tae-Yong akan bawa kedisiplinan ke timnas


Selama laga berlangsung, Shin Tae-Yong biasanya memantau dari tribun Stadion Wibawa Mukti sambil menuliskan hal-hal penting terkait penilaian pemain di catatannya.

Cara tersebut lain dari pelatih-pelatih timnas Indonesia sebelumnya, terutama yang berasal dari Tanah Air. Mereka lazim menggelar pertandingan internal di akhir proses seleksi.

“Kalau pelatih-pelatih asal Indonesia, kan sudah mengetahui kualitas pemain, berbeda dengan Shin,” kata Nova.

Seleksi tim nasional U-19 Indonesia sudah memasuki hari keempat sejak digelar mulai Senin (13/1) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat. Kegiatan ini akan berakhir pada Jumat (17/1).

Baca juga: Rizky Ridho tak permasalahkan pergantian pelatih timnas U-19

Sebanyak 54 pemain yang mengikuti kegiatan tersebut. Dari jumlah itu, akan dipilih 30 nama terbaik yang selanjutnya mengikuti TC di Thailand. Mereka dijadwalkan berangkat ke Negeri Gajah Putih pada 20 Januari 2020.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Setelah itu, skuat berjuluk Garuda Nusantara bersiap untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020