Dari hasil pengamatan di salah satu rumah produksi didapati tidak ada sistem pengelolaan limbah, limbah batik langsung dibuang begitu saja di tanah tanpa melalui proses pengolahan
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan uji laboratorium dari sampel air dan limbah batik di sentra kerajinan bantik Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah, guna menindaklanjuti aduan masyarakat terkait dugaan pencemaran lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungn Hidup (DLH) Kulon Progo Arif Prastowo di Kulon Progo, Jumat, mengatakan DLH bersama Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan serta Puskesmas Lendah, serta Polsek dan Koramil Lendah melakukan pengecekan ke lokasi industri batik dimaksud serta warga terdampak.

"Saat ini, kami masih menunggu hasil cek laboratorium dari sampel air yang telah diambil dari beberapa sumur di sekitar rumah produksi batik di wilayah Desa Ngentakrejo," kata Arif.

Ia mengatakan pihaknya mendapat aduan dari masyarakat adanya penurunan kualitas lingkungan hidup karena limbah produksi batik di wilsyah tersebut. Berdasar aduan warga, dampak terhadap penurunan kualitas lingkungan hidup dirasakan langsung warga yang tinggal di sekitar rumah produksi.

"Warga terdampak merasakan ada perubahan kualitas air sumur yang menjadi keruh, berbau dan gatal-gatal bila mengenai anggota tubuh," katanya.

Ia nengatakan dari petugas DLH yang melakukan cek lapangan menemukan beberapa catatan terhadap pengelolaan limbah batik di rumah produksi batik.

Dari hasil pengamatan di salah satu rumah produksi didapati tidak ada sistem pengelolaan limbah, limbah batik langsung dibuang begitu saja di tanah tanpa melalui proses pengolahan.

Meski demikian, DLH tidak bisa langsung menyimpulkan bahwa perubahan kualitas lingkungan yang terjadi pada warga sekitar rumah produksi merupakan dampak dari kegiatan produksi batik.

"Kami masih menunggu hasil cek laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulon Progo yang akan menjadi dasar apakah ada pencemaran atau tidak," demikian Arif Prastowo.

Baca juga: Instalasi pengolahan limbah tahu dan Batik Yogyakarta gagal lelang

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan alat pengolah limbah batik

Baca juga: BLH Yogyakarta ambil sampel limbah industri batik

Baca juga: LIPI-Pekalongan kerja sama pengolahan limbah batik

Pewarta: Sutarmi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020