Ambon (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menari bersama 2.900 prajurit gabungan TNI/Polri dalam kunjungan kerja di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Maluku, Jumat.

"Mari Bapak Panglima dan Bapak Kapolri kita bergoyang untuk menunjukkan kekerabatan dan pergaulan prajurit TNI dan Polri di Maluku," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan, Panglima Hadi dan Kapolri Idham didampingi Irjen Royke dan Komandan Lantamal Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, berbaur dengan ribuan prajurit gabungan TNI/Polri, menari bersama mengikuti gerakan dua tarian populer Maluku "Kakak Endah" dan "Bermain Tali" untuk menunjukkan adanya sinergitas yang kuat antara dua institusi tersebut.

Baca juga: Tinjau Morotai, Panglima-Kapolri tekankan sinergitas antarprajurit

Selama hampir 10 menit, Panglima Hadi dan Kapolri larut dalam kegembiraan bersama ribuan prajurit sambil bergoyang mengikuti irama lagu yang mengiringi di bawah terik matahari pagi. Tak jarang keduanya turut berteriak mengikuti yel-yel gerakan yang dipandu oleh Irjen Pol. Royke dengan pengeras suara.

Usai menari bersama, Panglima Hadi dan Kapolri Idham menyalami sejumlah prajurit dari dua institusi dan menyampaikan apresiasi atas sinergitas yang telah terjalin.

Hadi dalam arahannya menekankan kepada jajaran prajurit TNI/Polri di wilayah Maluku untuk terus mengedepankan sinergitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberi arahan kepada 2.900 prajurit TNI/Polri di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-/2020). ANTARA/Fathur Rochman


Sebagai dua institusi dengan kekuatan yang besar, kata Hadi, sinergitas antara TNI dan Polri sangat penting guna menjaga stabilitas keamanan nasional.

"Karena kekuatan vertikal dari TNI 480.000 orang, Polri 460.000 orang dan bersenjata. Apabila dua institusi ini jadi satu, yang didapat adalah stabilitas keamanan di Indonesia pasti tercapai. dan pembangunan di Indonesia akan berjalan baik," ujar Hadi.

Hadi pun berharap sinergitas yang telah terjalin baik antara TNI dan Polri di Maluku bisa terus terjaga dengan baik. Terlebih, pada tahun ini, akan terdapat dua kegiatan besar yang akan dihadapi, yakni pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak serta gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Berkaca dari suksesnya pengamanan Pilkada 2019 dan pemilu anggota legislatif serta Pemilu Presiden/Wakil Presiden, Hadi yakin para prajurit TNI dan Polri di Maluku akan bisa memberikan pengamanan maksimal pada dua kegiatan tersebut.

Baca juga: Kapolri temui KSAD kuatkan sinergitas Polri-TNI

"Tugas kami adalah mengamankan suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak dan PON 2020. Dua event besar itu apabila kita melihat suksesnya pelaksanaan tugas-tugas pada tahun 2018 dan 2019 saya yakin kita bisa melaksanakan dengan baik," ucap Hadi.

Hadi juga meminta prajurit TNI/Polri di Maluku untuk bersinergi dalam mengantisipasi kemungkinan adanya bencana alam yang terjadi pada tahun ini, seperti bencana banjir dan tanah longsor di awal tahun, serta bencana kekeringan di pertengahan hingga akhir tahun.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kapolri Idham mengaku terharu atas sinergitas dan soliditas kuat yang terjalin antara prajurit TNI dan Polri di Maluku.

"Saya ingin memberi apresiasi terhadap sinergitas yang teman-teman telah tunjukkan kemarin sejak di bandara, Bapak Panglima menaruh kagum yang sangat luar biasa betapa kalian semua hadir menunjukkan sinergitas itu di pinggir jalan menyambut Bapak Panglima," ujar Idham.

Kapolri melanjutkan, "Saya menaruh respek dan hormat yang tinggi atas sinergitas yang telah dibangun oleh jajaran TNI dan Polri di Ambon ini. Teruskanlah karena kita adalah bagian dari NKRI ini yang harus menjaga terus agar NKRI ini tetap tegak berdiri sampai dunia ini kiamat."

Baca juga: Panglima TNI sebut sinergitas TNI-Polri untuk menjaga NKRI

Sama seperti arahan Panglima Hadi, Kapolri Idham juga berpesan agar sinergitas dan soliditas ini tetap terus terjaga untuk menyukseskan berbagai agenda besar yang akan digelar, seperti pilkada serentak.

"Pesan saya selaku pimpinan Polri terhadap seluruh rekan-rekan sekalian, pegang teguh netralitas, kamu tidak ke kiri, tidak ke kanan, tetapi kamu ikuti saja tugas yang sudah diberi oleh pimpinanmu, komandanmu, insyaallah semuanya pelaksanaan pilkada nanti di Ambon ini akan aman dan terkendali," ujar Idham.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Panglima Hadi dan Kapolri Idham juga melakukan kegiatan penanaman dua pohon rotem sebagai bentuk simbolis upaya reboisasi mengantisipasi timbulnya bencana alam akibat kurangnya penghijauan.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis menanam pohon rotem di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-2020). ANTARA/Fathur Rochman


Usai melakukan kunjungan kerja di Lantamal IX Ambon, Panglima Hadi, Kapolri Idham, dan rombongan menyambangi Polda Maluku untuk melaksanakan peninjauan dan ramah tamah. Setelah itu, rombongan direncakan akan bertolak dari Landasan Udara Pattimura untuk kembali ke Jakarta.

Baca juga: Rampak Gendang sinergitas TNI-Polri di HUT Bhayangkara 2019

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020