Laporan dari Beijing

Presiden Xi melawat ke Myanmar

Presiden Xi melawat ke Myanmar

Arsip: Presiden China Xi Jinping (kanan) dan pemimpin prodemokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi berfoto bersama saat keduanya bertemu di Balai Agung Rakyat di Beijing, China, Kamis (11/6/15). ANTARA/REUTERS/China Daily/tm

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping bertolak dari Beijing, Jumat, untuk memulai melakukan kunjungan kenegaraan ke Myanmar atas undangan Presiden U Win Myit.

Kunjungan Xi ke salah satu negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) itu berlangsung hingga Sabtu (18/1), demikian diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dalam keterangan tertulis kepada Antara.

Dalam kunjungannya itu, Xi didampingi beberapa anggota Biro Politik Komite Pusat Partai Komunis China, Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan Kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC) atau menteri Bappenas-nya China, He Lifeng.

Duta Besar Myanmar untuk China U Myo Thant Pe mengatakan bahwa kunjungan Presiden Xi ke Myanmar itu akan menjadi tonggak sejarah hubungan diplomatik kedua negara.

"Kunjungan ini tidak hanya menandai 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara, melainkan juga menunjukkan adanya saling pengertian dan saling mendukung pada urusan internasional dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama," ujarnya, seperti dikutip People's Daily. 

Baca juga: Dikritik sana sini karena Rohingya, Suu Kyi berpaling ke China

Baca juga: Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi jalani sidang hari terakhir genosida

Baca juga: ASEAN geser AS di peringkat kedua mitra dagang terbesar China

 

Jokowi tekankan pentingnya keamanan di Negara Bagian Rakhine

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar