Jakarta (ANTARA) - Andy Murray pada Kamis menyatakan terpaksa menunda penampilannya kembali ke lapangan setelah gagal memulihkan cedera pinggul.

Mantan petenis nomor satu dunia berusia 32 tahun itu belum pernah beraksi lagi sejak Final Piala Davis di Spanyol November silam dan dia pun menunda tampil di Montpellier Prancis atau kota Rotterdam di Belanda bulan depan.

"Saya tidak ingin tergesa-gesa menentukan waktu pemulihan saya," kata juara tiga kali turnamen Grand Slam itu sebagaimana dilansir dari AFP, Jumat.

"Saya akan melihat perkembangan pemulihan cedera ini dan menunda kompetisi di lapangan ketika waktunya tepat."

"Memar tulang membutuhkan waktu lebih lama untuk proses menyembuhkannya, jadi saya tidak akan bermain di Montpellier atau Rotterdam pada Februari."

Baca juga: Murray mundur dari Australia Open karena cedera

Cedera yang dideritanya pada Piala Davis itu telah memaksanya absen dalam Australia Terbuka yang segera dimulai Senin.

Murray, yang kini menempati peringkat 127 dunia, berharap bisa mengikuti turnamen Grand Slam di Melbourne seusai operasi yang dilakukannya tahun lalu.

Tetapi kekhawatiran seputar kebugaran finalis Australia Terbuka yang kalah lima kali itu meningkat ketika dia membatalkan jadwal pelatihan di Miami.

Melbourne Park merupakan tempat konferensi pers emosional 12 bulan lalu di mana dia disarankan gantung raket karena cedera pinggulnya itu.

Meski kurang bugar, Murray sempat bermain saat kalah lima set melawan Roberto Bautista Agut.

Baca juga: Murray: Format baru Davis Cup harus diberi kesempatan untuk sukses

Dua minggu kemudian peraih dua medali emas Olimpiade, dua kali juara Wimbledon dan pemenang AS Terbuka 2012 itu menjalani operasi pelapisan tulang pinggul.

Dia mulai kembali beraksi di turnamen lapangan rumput Queen's Club di London pada Juni di mana dia berkolaborasi dengan Feliciano Lopez dari Spanyol untuk memenangkan ganda putra.

Kemenangan atas sesama juara tiga kali turnamen utama Stan Wawrinka pada final ATP Tour di Antwerp Oktober itu adalah gelar tunggal pertama Murray dalam dua tahun terakhir.

Namun, ia kembali mendapat cedera pada Piala Davis dan hanya mampu menyaksikan saat Inggris melaju ke semifinal.

Baca juga: Alih-alih melawan Federer, Murray akan hadapi 'Baby Fed' pada ATP Cup

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020