Lomba perahu hias-toto meriahkan "Grand Launching" Garuda di Lautku

Lomba perahu hias-toto meriahkan "Grand Launching" Garuda di Lautku

Lomba foto dan perahu hias dalam rangka peluncuran Garuda di Lautku. (ANTARA/HO)

Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk memeriahkan peluncuran resmi (grand launching) Garuda di Lautku di antaranya lomba foto dan perahu hias.

"Grand Launching Garuda di Lautku ini akan sangat meriah dan banyaknya dukungan dari berbagai pihak membuat kami semangat melaksanakan kegiatannya," ujar Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan besarnya antusiasme masyarakat yang datang ke anjungan Pantai Losari Makassar menunjukkan begitu semangatnya menunggu even kebaharian ini.

Kolonel I Dewa Gede Wirawan ini menyatakan jika banyak warga yang datang dari luar Makassar hanya untuk melihat dan mengikuti rangkaian kegiatan ini. Sementara para peserta juga sangat antusias baik dari nelayan, juru foto profesional dan lainnya.

Baca juga: BI Sulsel dukung transplantasi terumbu karang "Garuda Di Lautku"

"Melihat antusiasme dari masyarakat yang begitu penasaran dengan Garuda di Lautku ini membuat kami sangat bersemangat. Kami akan membuat kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan hingga anak cucu nanti, asal dijaga dengan baik," katanya.

Dia menyebutkan ada sekitar 31 kapal nelayan tampak meramaikan lomba perahu hias dan puluhan peserta lomba foto dari berbagai kalangan mengikuti perlombaan yang merupakan rangkaian event Grand Launching Garuda di Lautku.

Ratusan masyarakat yang sudah menanti di bibir Pantai Losari Makassar dihibur penampilan perahu-perahu yang dihias sedemikian rupa mencuri perhatian pengunjung pantai dengan perahu hias sailing pass .

Berbagai model dan dekorasi kapal ditampilkan oleh peserta lomba perahu hias, mulai bermacam ornamen cat kapal yang warna-warni sampai aneka warna bendera dikibarkan.

Lebih lanjut dikatakan ada tiga tim juri dari Lantamal VI, HNSI dan Dinas Kelautan Perikanan Propinsi Sulsel yang menilai lomba perahu hias, untuk kriterianya di antaranya cara menghias kapal dan kebersihan kapal.

Lebih lanjut Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan menjelaskan adapun pemenang Juara 1 lomba perahu hias tersebut direbut kapal nelayan nomor peserta 24 atas nama Karman dari Pulau Barrang Caddi, sedangkan juara 2 diraih kapal nelayan nomor peserta 22 atas nama Jabbar dari Pulau Barrang Caddi, dan juara 3 kapal nelayan nomor urut 06 atas nama Usman dari Pelabuhan Paotere Makassar.

"Masing-masing pemenang lomba perahu hias menyambut grand Launching Garuda di Lautku mendapatkan piala dan uang pembinaan," ucapnya.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar