Kebijakan menanam pohon diharap dapat mengurang genangan saat terjadi hujan
Jakarta (ANTARA) - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penanaman sedikitnya seratus pohon di sekitar Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng Jakarta Barat untuk mencegah banjir di kawasan tersebut.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari kebijakan Polri yang mewajibkan penanaman pohon di lingkungan satuan tugas masing-masing.

“Ini menjadi penyerapan air di sekitar pohon itu supaya bisa mengurangi debit air yang ada ada dipermukaan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf di Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat, Jumat.

Baca juga: Pembuatan SIM di Satpas Daan Mogot berjalan manual usai banjir

Baca juga: Korlantas Polri launching Smart SIM di Bekasi

Baca juga: Peneliti: Jalan Daan Mogot ambles disebabkan faktor lokal


Yusuf menyebut penanaman pohon juga berfungsi untuk memperbaiki kualitas lingkungan di kawasan Satpas SIM demi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Selain itu, pohon-pohon yang ditanam diharapkan berfungsi untuk menyerap air hujan, serta mengurangi genangan di kawasan Cengkareng yang kerap terjadi.

Selain menanam pohon di kawasan Satpas SIM Daan Mogot, Yusuf mengatakan akan melakukan hal serupa di beberapa tempat.

"Sebenarnya menanam pohon ini bukan hanya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, tetapi kepentingan semua. Bahkan ini diharapkan masyarakat juga sama-sama melaksanakan seperti ini," kata dia.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020