Mantan anggota geng motor ditugasi menjadi pengibar bendera

Mantan anggota geng motor ditugasi menjadi pengibar bendera

Mantan anggota geng motor saat bertugas menjadi petugas pengibar bendera di Mapolres Sukabumi Kota, Jawa Barat pada Jumat, (16/1). (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Sejumlah mantan anggota geng motor yang kerap beraksi di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ditugaskan menjadi petugas pengibar bendera Merah Putih di halaman Mapolres Sukabumi Kota pada Jumat, (17/1).

"Kami sengaja menugaskan para mantan anggota geng motor ini menjadi petugas pengibar bendera sebagai bentuk pembinaan rohani, mental dan untuk meningkatkan rasa nasionalisme," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo di Sukabumi, Jumat.

Baca juga: Polisi Selandia Baru kunjungi Polda Bali bahas kejahatan geng motor

Baca juga: Polres Cirebon Kota akan tindak tegas geng motor yang berulah

Baca juga: Media sosial digunakan geng motor Cirebon saling tantang tawuran


Selain menjadi pengibar bendera, mereka juga bertugas sebagai pembaca pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan naskah Pancasila. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini tingkat kesadaran mereka agar tidak terjerumus lagi kepada aksi yang membuat resah masyarakat maupun kriminalitas.

Menurutnya, pendekatan seperti ini merupakan upaya pihaknya sebagai bentuk pembinaan terhadap mantan anggota geng motor apalagi kebanyakan dari mereka berusia produktif serta untuk meningkatkan rasa cinta terhadap NKRI.

Lanjut dia, mantan anggota geng motor tersebut telah dibina oleh jajaran Polres Sukabumi Kota selama sekitar satu bulan. Pembinaan yang diberikan mulai dari rohani, mental dan pembelajaran tentang cinta tanah air.

"Langkah yang kami lakukan tidak hanya sebatas penangkapan, tetapi juga memberikan pembinaan agar mereka tidak lagi ikut-ikutan kepada hal yang negatif seperti menjadi anggota geng motor yang keberadaannya sudah meresahkan masyarakat," tambahnya.

Wisnu mengakui tidak sedikit dari anggota geng motor yang ditangkap karena berulah baik melakukan penganiayaan, perkelahian, penyerangan dan aksi anarkis lainnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Selain menggelar upacara bendera yang diikuti anggota Polri dan instansi lainnya sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota mendapatkan penghargaan atas dedikasinya yang telah mengungkap berbagai kasus kriminal di Sukabumi seperti pencurian dengan kekerasan yang menyebabkan korban meninggal dunia dan kasus lainnya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polres Sukabumi Kota tangkap pengoplos gas subsidi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar