Menteri Jepang akan ambil 'cuti ayah' untuk urus anak pertama

Menteri Jepang akan ambil 'cuti ayah' untuk urus anak pertama

Menteri Lingkungan Jepang Shinjiro Koizumi di konferensi pers di kediaman Perdana Menteri Shinzo Abe, Tokyo, Jepang (11/9/2019). ANTARA/REUTERS/Issei Kato/aa.

Tokyo (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi, yang sebelumnya mengatakan akan mengambil 'cuti ayah' --yang jarang dilakukan pria Jepang, pada Jumat mengumumkan kelahiran anak pertamanya, seorang laki-laki.

Shinjiro adalah putra perdana menteri karismatik Jepang Junichiro Koizumi yang juga dilihat sebagai calon pemimpin masa depan.

Pada Rabu (15/1), Shinjiro mengatakan berencana akan mengambil cuti selama dua minggu, dari jatah tiga bulan, sebagai upaya untuk menjadi panutan bagi para ayah Jepang yang bekerja.

Namun, beberapa anggota parlemen mengkritik tindakan Shinjiro itu dengan mengatakan bahwa sang menteri harus mementingkan tugas negara.

Shinjiro mencuri perhatian publik Jepang pada 2019 ketika mengumumkan akan menikahi Christel Takigawa, warga Prancis-Jepang yang kerap muncul di televisi, dan bahwa Christel sedang mengandung. Tak lama kemudian, Shinjiro ditunjuk sebagai menteri lingkungan.

Kepada para wartawan di kantor perdana menteri, Shinjiro mengatakan ia langsung berangkat ke rumah sakit dan mendampingi istrinya saat melahirkan.

"Dua-duanya dalam keadaan sehat, itu yang paling penting," katanya.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga telah berupaya untuk mendorong para pria mengambil cuti ayah serta mengimbau para perusahaan untuk menciptakan kondisi kerja dan kehidupan yang lebih seimbang.

Dorongan Abe itu merupakan bagian dari program "Womenomics" dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan yang bekerja.

Sumber: Reuters
Baca juga: Ambil cuti melahirkan untuk ayah, menteri Jepang ingin jejaknya ditiru

 

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar