Kakorlantas galakkan tanam pohon perkuat kontur jalan hindari longsor

Kakorlantas galakkan tanam pohon perkuat kontur jalan hindari longsor

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Istiono menanam pohon keras guna memperkuat kontur jalan pada jalur rawan longsor atau banjir di jalan arteri induk seperti Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/1/2020). ANTARA/HO-Korlantas Polri/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Istiono menggalakkan penanaman pohon guna memperkuat kontur jalan pada jalur rawan longsor atau banjir di jalan arteri induk, seperti di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

"Kami benahi jalan yang rawan banjir dan longsor melalui kebijakan Kapolri dengan Polri Peduli Lingkungan," kata Irjen Pol. Istiono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Istiono mengatakan Polri Peduli Lingkungan dengan menanam pohon pada jalur rawan longsor dan banjir itu sebagai langkah respons cepat mengantisipasi bencana alam.

Korlantas Polri menggaet Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja, BPJT, serta Kementerian Kesehatan guna menggulirkan kegiatan peduli lingkungan itu.

Kegiatan penanaman pohon dilakukan secara serentak di jalur arteri yang tersebar pada tujuh induk Korlantas Polri.

"Mudah-mudahan di ruas tertentu akan kami tindaklanjuti lagi upaya fungsi jalan tol ada penguatan," ujar Istiono.

Istiono menjelaskan penanaman pohon mencegah bencana longsor atau banjir karena intensitas hujan tinggi akan menggerus kekuatan kontur jalan.

Sejauh ini, Korlantas Polri bersama pemangku kepentingan lain menargetkan penanaman 3.000 pohon keras jenis Mahoni dan Eboni yang memiliki akar kuat, serta daya serap air yang tinggi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kakorlantas ajak mahasiswa jadi agen keselamatan berlalu lintas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar