Banjir Samarinda rendam 12 kelurahan

Banjir Samarinda rendam 12 kelurahan

Warga korban banjir di Jl Pemuda III Blok B mendatangi relawan medis dari Komunitas Gerakan Memungut Sehelai Sampah (GMSS-SKM) Samarinda, untuk melakukan konsultasi kesehatan, pemeriksaan, dan meminta obat, Jumat (17/1) (Antaranews Kaltim/ M Ghofar)

Samarinda (ANTARA) - Banjir Samarinda, Kalimantan Timur, yang terjadi sekitar sepekan ini telah merendam 12 kelurahan, tersebar pada empat kecamatan, sementara Jumat ini sebagian kawasan sudah surut, namun bantuan dari berbagai pihak masih mengalir.

"
Total warga yang terdampak banjir Samarinda dari 12 kelurahan saat ini berjumlah 17.162 jiwa dari 6.109 kepala keluarga (KK)," ujar Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda Hendra AH di Samarinda, Jumat.

Ia juga mengatakan bahwa Pemkot Samarinda telah menetapkan Siaga Darurat Banjir sehingga bisa lebih mudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam penanggulangan banjir Samarinda, baik koordinasi dengan sesama instansi pemerintah maupun dengan lembaga lain yang terkait.

Sejumlah hal yang dilakukan pihaknya dalam penanganan banjir selama ini, antara lain memberikan bantuan bagi korban, baik berupa perlengkapan sandang, suplemen, makanan siap saji, dan sejumlah kebutuhan pokok bagi warga, termasuk Jumat ini pihaknya mengantar sembako ke beberapa posko untuk didistrubusikan kepada korban banjir.

Ia melanjutkan, empat kecamatan yang terdampak banjir hingga Jumat ini adalah Samarinda Utara, Sungai Pinang, Sambutan, dan Kecamatan Samarinda Ulu.

Baca juga: Sebagian wilayah Samarinda kebanjiran lagi

Warga korban banjir yang paling banyak berada di Kecamatan Samarinda Utara yang mencapai 7.137 jiwa dari 2.457 KK dengan sebaran di 36 RT, kemudian di Kecamatan Sungai Pinang terdapat 5.599 jiwa dari 2.040 KK pada 41 RT.

Baca juga: Gubernur ajak semua elemen bantu penyelesaian banjir Samarinda

"Di Kecamatan Samarinda Ulu ada 4.277 jiwa dari 1.538 KK yang tersebar pada 16 RT, sedangkan yang paling sedikit ada di Kecamatan Sambutan yang terdapat 149 jiwa warga terdampak banjir dari 34 KK pada 2 RT," kata Hendra.

Baca juga: Relawan masih bantu korban banjir Samarinda

Ia juga mengatakan sebaran titik banjir ada di kawasan Bengkuring Raya, Griya Mukti, Jl Gatot Subroto, Jl S Parman, Simpang Lembusuwana, Jl A Yani, Jl Dr Soetomo, Jl Belatuk, Jl Gelatik, dan Jl Padat Karya.
Baca juga: Pemkot Samarinda perpanjang status darurat banjir

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar