Rektor: Narkoba akan lumpuhkan generasi muda

Rektor: Narkoba akan lumpuhkan generasi muda

Rektor Universitas Pancasila Prof. Wahono Sumaryono (kiri) berjabatan tangan dengan Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Irjen Pol Drs Dunan Ismail Isja. (ANTARA/Feru Lantara)

Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Pancasila Prof. Wahono Sumaryono mengatakan narkoba telah menjadi ancaman nasional karena menjadi ancaman lumpuhkan generasi muda bangsa.

"Hal ini tidak bisa dibiarkan. Kami serius dan sangat tegas dalam penyalahgunaan narkoba, apalagi kami menjadi bagian dari institusi pendidikan yang ikut bertanggung jawab dalam mendidik anak bangsa," kata Wahono disela-sela Diskusi Nasional bertema 'Ancaman Narkoba di Lingkungan Kampus', di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila, Jumat sore.

Wahono menjelaskan bahwa dalam rekrutmen mahasiswa di Universitas Pancasila para calon mahasiswa harus menyerahkan surat pernyataan bebas narkoba dan menandatangani surat perjanjian untuk tidak terlibat dalam berbagai perilaku negatif di lingkungan kampus, sehingga apabila melanggar perjanjian tersebut, mereka sudah mengetahui konsekuensinya.

Baca juga: Seorang mahasiswa jadi perantara narkotika divonis 14 tahun penjara

Baca juga: BNN harapkan setiap kampus siapkan anggaran tes urin mahasiswa

Baca juga: Mahasiswa edarkan ganja via "WhatsApp"


Universitas Pancasila juga sudah sejak lama melaksanakan tes urine secara serempak, dimana hal tersebut merupakan implementasi MOU dengan BNN.

Kampus bisa dikatakan merupakan rumah kedua bagi para mahasiswa. Banyak waktu yang dihabiskan mahasiswa untuk belajar, berorganisasi, dan bersosialisasi. Kampus sebagai tempat belajar dan tumbuh mahasiswa, menyediakan banyak perspektif kehidupan.

Adapun hal yang perlu disadari adalah masa mahasiswa merupakan masa peralihan dari remaja ke dewasa, sehingga mereka akan terdorong untuk mencoba banyak hal dalam rangka mencari identitas diri.

"Masa inilah yang perlu kita waspadai agar mahasiswa tidak memilih hal yang salah, seperti terlibat dalam penggunaan narkoba," katanya.

Menurut Rektor, alumni memiliki peranan yang penting, salah satunya menjadi model yang dijadikan panutan untuk mengarahkan mahasiswa membuat keputusan yang tepat.*

Baca juga: Polres Jaksel tangkap tiga mahasiswa pengedar narkoba

Baca juga: Ratusan mahasiswa Tanjungpinang deklarasi tolak narkoba

Baca juga: Kepala BNN: mahasiswa USU jangan mau terpengaruh narkoba

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar