Liga 1 Indonesia

Barito Putera beri peluang pemain lokal masuk tim senior

Barito Putera beri peluang pemain lokal masuk tim senior

Sejumlah pemain Barito Putera mengangkat pelatihnya Djadjang Nurdjaman usai pertandingan lanjutan Liga 1 melawan Arema FC di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Minggu (22/12/2019). Barito Putera menang atas Arema FC dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww. (ANTARA/BAYU PRATAMA S)

Kita yakin banyak pemain asal Kalsel ini yang bisa menjadi bintang
Banjarmasin (ANTARA) - PS Barito Putera memberi peluang pemain lokal atau pemain kelahiran asli Kalimantan Selatan untuk masuk dalam skuat tim senior yang berlaga di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 ini.

Hal tersebut diungkapkan Manajer baru PS Barito Putera Mundari Karya yang juga sebelumnya sebagai direktur pembinaan usia muda Barito Putera, di Banjarmasin, Sabtu.

Salah satunya pemain lokal yang berpeluang masuk tim senior itu Muhammad Rafly Ariyanto dari pemain Barito Putera junior, di mana pelajar SMA PGRI Banjarmasin ini juga pemain timnas U-18 pada Piala AFF di Vietnam tahun 2019.

Selain nama M Rafly Ariyanto, juga ada nama Muhammad Yudha Febrian yang bersekolah di SMK Muhammadiyah Banjarmasin.

Baca juga: Barito Putera lengkapi kuota pemain asing

Menurut Mundari Karya, kedua pemain ini asli produk yang dibina Barito Putera, hingga bisa menjadi pemain yang sudah bisa dibilang hebat, karena diambil tim nasional junior.

Sebenarnya, ungkap dia, banyak lagi pemain asli lokal atau anak Banjar yang ada di Barito Putera junior, mereka juga berkesempatan nantinya masuk tim senior untuk membela klub kebanggaannya di liga 1.

"Di Barito Putera U-16 itu banyak kita ambil pemain dari lokal hasil kompetisi di sini, mereka nantinya jadi tulang punggung Barito Putera kedepan," beber Mundari Karya.

Baca juga: Barito Putera tidak rekrut pemain "bintang" musim 2020

Dia mengungkapkan, banyak anak lokal yang memiliki potensi bermain baik, namun sayangnya kurang dipoles pelatih yang handal dan kurangnya kompetisi yang bergulir di daerah ini.

"Sebenarnya daerah ini kekurangan pelatih dan kompetensi. Kalau itu ditingkatkan, kita yakin banyak pemain asal Kalsel ini yang bisa menjadi bintang di tim nasional, baik senior maupun junior," paparnya.

Dari itu, pihaknya di Barito Putera junior juga tengah melakukan pembinaan tersebut, dengan harapan muncul pesepak bola handal kelahiran daerah ini, hingga menjadi andalan klub nantinya di liga nasional.

Baca juga: Barito Putera lakukan perombakan besar-besaran

Sementara itu, pemilik klub Barito Putera H Hasnuryadi Sulaiman HB juga berharap klubnya tersebut bisa memberi peluang bagi pemain lokal, bahkan harus ada setiap musim kompetisi bertambah pemain lokal di tim senior.

"Harus terus ada nanti, itu juga keinginan pendiri klub ini, yakni, almarhum ayahanda kami H Abdussamad Sulaiman HB menciptakan klub ini agar anak daerah bisa tampil," bebernya.

Pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman mengatakan, bahwa skuat timnya pada musim kompetisi tahun ini berjumlah sekitar 25 pemain.

"Saya belum mengetahui lagi semuanya apakah ada putra daerah yang masuk, kita upayakan ada," demikian ujarnya.

Baca juga: Barito Putera ikat Djadjang Nurjaman kontrak jangka panjang

Baca juga: Suporternya berulah, Barito Putera terkena sanksi Komdis PSSI



 

Pewarta: Sukarli
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar