Jujur jadwal padat sekali karena mengejar persiapan Piala Dunia U-20
Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan Liga 1 Indonesia 2020 mulai bergulir akhir Februari atau Maret 2020.

"Untuk liga, nanti bergulir masuk akhir Februari atau awal Maret. Jujur jadwal padat sekali karena mengejar persiapan Piala Dunia U-20," kata Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan di Jakarta, Sabtu.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, PSSI  pelaksanaan liga tidak mengganggu persiapan Piala Dunia U-20 tahun depan, termasuk tim nasional U-20 yang disiapkan untuk ajang itu.

Baca juga: Bhayangkara FC masih buru pemain asing meski slot penuh

Itulah yang membuat PSSI mempertimbangkan matang-matang turnamen pramusim nasional seperti Piala Presiden yang sudah bergulir sejak 2015, apakah diadakan atau tidak tahun ini.

"Soal pramusim, kami harus menghitung dahulu," kata Iriawan.

Jadwal Liga 1 Indonesia musim 2019 dikritik berbagai pihak karena dianggap tidak menguntungkan bagi timnas.

Baca juga: PSSI umumkan 28 pemain lolos seleksi timnas U-19

Manajer timnas 2019 Simon McMenemy kerap menyebut para pemainnya kelelahan karena pertandingan liga yang padat yang membuat performa mereka di timnas tidak maksimal.

Tim Garuda asuhan Simon selalu kalah pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang membuat Indonesia menempati peringkat terbawah setelah kalah lima kali dari lima kali berlaga.

Performa ini membuat Simon dipecat dari kursi pelatih untuk kemudian digantikan Shin Tae-Yong dari Korea Selatan.

Baca juga: Persib pandang Asia Challenge ajang unjuk gigi pemain muda

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020