Adapun RW yang terdampak genangan tersebar di Jakarta Selatan (tiga RW), Jakarta Barat (tujuh RW) dan Jakarta Timur (dua RW)
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan seluruh genangan di sejumlah wilayah Jakarta, pada Sabtu ini telah surut sejak pukul 12.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Subejo menyampaikan genangan timbul akibat curah hujan yang tinggi hingga akhirnya menyebabkan genangan mulai dari sekitar 10-30 cm hingga 30-70 cm.

Baca juga: Saluran air tersumbat penyebab utama genangan air di Cikini

Baca juga: Hingga pukul 13.00 WIB, tiga wilayah di Jakarta masih tergenang

Baca juga: SDA Jaksel kerahkan puluhan pasukan biru atasi genangan


"Tapi kami pastikan seluruh wilayah telah surut. Bahkan, banyak yang sudah surut sejak pukul 07.00 pagi," ujar Subejo dalam keterangan yang diterima di Jakarta

Adapun RW yang terdampak genangan tersebar di Jakarta Selatan (tiga RW), Jakarta Barat (tujuh RW) dan Jakarta Timur (dua RW).

Sedangkan, ruas jalan yang terdampak genangan tersebar di Jakarta Pusat (satu ruas jalan), Jakarta Timur (tiga ruas jalan), Jakarta Selatan (delapan ruas jalan), dan Jakarta Barat (lima ruas jalan).

"Untuk genangan di ruas jalan dapat surut kurang dari dua jam," tutur Subejo.

Pemprov DKI Jakarta, melalui Satgas Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Satgas Dinas Bina Marga DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta dan PPSU mengerahkan pompa mobile hingga membersihkan lumpur untuk memastikan genangan dan banjir surut sehingga dapat kembali dilalui kendaraan.

Di samping itu, petugas gabungan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Kelurahan, Kecamatan, Puskesmas, hingga PPSU dikerahkan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pemukiman warga, salah satunya di RW 01 Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020