Jakarta (ANTARA) - Istri Menteri Sosial (Mensos) Grace Batubara membantu pemulihan trauma di kalangan anak-anak korban banjir yang berkumpul di Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu.

Grace hadir bersama Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos
Harry Hikmat serta ibu-ibu penasihat Dharma Wanita Kemensos dan Wanita Sahabat Lingkungan.

"Ini adalah acara rutin Kemensos seperti arahan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bahwa pemerintah harus selalu ada di tengah masyarakat yang alami bencana banjir," ujar Grace.

Kehadiran rombongan tersebut disambut kehebohan ibu-ibu PKK Kelurahan Rawa Buaya serta Lurah Rawa Buaya Syafwan Busti.

Baca juga: Siang hingga Minggu malam, hujan diprakirakan guyur Jakarta
Baca juga: Kemarin, Jakarta banjir lagi hingga remaja laki-laki tenggelam
Dua anak bermain gawai di rumahnya yang terendam banjir di daerah Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (18/1/2020). Banjir setinggi 30-60 cm itu akibat meluapnya Kali Grogol. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Selain itu, Grace juga ikut membantu petugas pos layanan dukungan psikosomatis untuk menghilangkan trauma di kalangan anak-anak. Anak-anak korban banjir di kawasan tersebut diajak bernyanyi, menari dan menebak lagu.

Tak hanya dukungan sosial pascabencana, dukungan kesehatan juga diterjunkan dari Kementerian Kesehatan bersama Kemensos.

"Kami membawa bantuan logistik dan posko 'trauma healing,' dan dari Kementerian Kesehatan juga membawa dokter-dokter, dan yang sakit pascabanjir bisa datang ke posko," ujar dia.

Rombongan Kemensos RI membawa bantuan logistik pascabencana berupa makanan siap saji, lauk-pauk, peralatan kebersihan keluarga dan anak dan peralatan evakuasi bencana senilai Rp72,9 juta.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020