Surabaya (ANTARA) - Ribuan warga Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Warisan Kasih Surabaya memberikan dukungan kepada mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (purn) Machfud Arifin sebagai calon wali kota Surabaya dalam Pilkada 2020.

"Kami warga Tionghoa di Surabaya berharap Bapak Machfud bisa menggantikan Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya mendatang," kata Ketua Yayasan Warisan Kasih Erlin Sanjaya saat menggelar kegiatan berbagi pada warga Tionghoa di Surabaya, Minggu.

Baca juga: Ketua DPRD berharap Pilkada Surabaya 2020 berjalan kondusif

Menurut dia, sosok Machfud Arifin merupakan sosok pemimpin yang diidamkan dan diinginkan oleh masyarakat Surabaya ke depan.

Bahkan, lanjut dia, kepemimpinan Machfud ini sudah teruji saat memimpin Polda Jatim. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya optimistis Machfud Arifin mampu membawa perubahan untuk Surabaya menjadi lebih maju dan lebih baik.

"Kami sudah melihat keberhasilan Bapak Machfud saat menjadi pimpinan di Polda Jatim, banyak prestasi yang beliau capai. Kami warga Tionghoa di Surabaya membutuhkan sosok beliau," ujarnya.

Baca juga: PDIP dinilai paling solid jelang Pilkada Surabaya 2020

Hal sama juga dikatakan Pembina Yayasan Warisan Kasih Lita Machfud Arifin. Ia berharap Machfud Arifin mendapat dukungan dari masyarakat Surabaya untuk memimpin Surabaya ke depan.

"Harapan untuk masyarakat dapat memberi dukungan kepada Bapak Machfud untuk menjadi Wali Kota Surabaya," kata Lita.

Lita optimistis ke depan dalam kepemimpinan Machfud Arifin ini dapat meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan semua kalangan masyarakat Surabaya.

Baca juga: Mantan Jubir Prabowo-Sandi siap maju Pilkada Surabaya jalur parpol

"Ke depan diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat dari kalangan mana pun dan meningkatkan kesehatan masyarakat di Surabaya," katanya.

Diketahui Partai Amanat Nasional (PAN) sebelumnya mengeluarkan surat rekomendasi dukungan kepada Machfud Arifin sebagai bakal calon wali kota Surabaya dalam Pilkada Surabaya 2020. Namun demikian, perolehan kursi PAN di legislatif hanya tiga kursi sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

Sejumlah parpol yang diperkirakan akan memberikan dukungan yang sama yakni PKB dan Gerindra.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020