Ahad kemarin, KKP bebaskan nelayan Indonesia, hingga lawatan ke Davos

Ahad kemarin, KKP bebaskan nelayan Indonesia, hingga lawatan ke Davos

Nelayan. ANTARA/HO-Dokumentasi KKP

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Ahad (19/1) kemarin, mulai dari KKP yang membebaskan nelayan Indonesia yang ditangkap aparat Malaysia, hingga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang akan melawat ke Davos untuk bertemu dengan pimpinan korporasi global untuk berinvestasi di Indonesia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. KKP bebaskan nelayan Indonesia yang ditangkap aparat Malaysia
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan berhasil membebaskan nelayan Indonesia yang ditangkap oleh Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM).

"Kita berhasil memulangkan 15 nelayan Indonesia yang ditangkap oleh APMM, semuanya merupakan awak kapal perikanan KM Abadi Indah," jelas Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


2. PLTS Sambelia 5 MW siap pasok kelistrikan gelaran MotoGP Mandalika
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sambelia 5 MegaWatt (MW) di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, mulai beroperasi dan menjadi salah satu penyokong kelistrikan gelaran MotoGP 2021 di Mandalika.

Pembangunan PLTS Sambelia telah dimulai sejak bulan Agustus 2017, dan mulai beroperasi pada akhir Desember 2019. Selain ramah lingkungan, PLTS ini juga berdampak pada efisiensi produksi listrik karena dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak untuk pembangkit di NTB.

"Sebelumnya di Lombok ada 6 PLTS yakni di Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Sengkol, Selong, dan Pringgabaya. ada satu lagi sekarang tambahan di Sambelia, kapasitasnya 5 MW yang beroperasi sejak akhir 2019," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


3. Februari kendaraan over muatan dan dimensi dilarang menyeberang Merak
Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan pada Februari mendatang truk dengan muatan berlebih (over loading) dan dimensi tidak diperbolehkan menyeberang dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya.

"Penyeberangan truk dengan potensi over dimensi dan loading bulan Februari tidak bisa dilewatkan," kata Budi Setiyadi, di Bandarlampung, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


4. Kementerian ESDM kaji kebijakan subsidi distribusi gas subsidi
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan rencana pemerintah mengatur ulang kebijakan distribusi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg subsidi dari terbuka ke tertutup (dengan syarat tertentu) masih dalam tahap kajian.

"Yang lagi ramai di media itu tidak sepenuhnya benar. Kami sedang dalam pembahasan," jelas Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


5. Ke Davos, Bahlil akan rayu korporasi global investasi di Indonesia
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, 20-23 Januari 2020, untuk berjumpa dengan delapan pimpinan korporasi global.

"Ada beberapa agenda penting Bapak Kepala BKPM, diantaranya akan berjumpa dengan sekitar delapan korporasi global," kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi Indriani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Edhy Prabowo akan rampungkan aturan penggunaan cantrang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar