Jakarta (ANTARA) - Penyanyi dan penulis lagu David Olney meninggal di usia 71 tahun, setelah terdiam dan menundukkan kepalanya di tengah pertunjukan 30A Songwriters Festival di Santa Rosa Beach, Florida pada Sabtu (18/1) malam waktu setempat.

Beberapa laporan berita mengatakan dia "pingsan" di atas panggung, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Olney sempat terdiam di kursinya, membuat beberapa penonton dan juga para musisi di sampingnya berpikir dia hanya diam, sebelum mereka menyadari apa yang terjadi, demikian dilansir NBC News, Senin.

Saat itu, Olney yang duduk di sebelah Amy Rigby dalam posisi sedang bertukar lagu dan kejadian tersebut menggambarkan saat-saat terakhirnya.

"Olney berada di tengah-tengah lagu ketiganya ketika dia berhenti, meminta maaf, dan menutup matanya," tulis Rigby di Facebook.

"Dia sangat diam, duduk tegak dengan gitarnya, mengenakan topi paling keren dan jaket suede yang indah yang kami tertawakan karena hujan deras di luar tempat kami bermain. Aku hanya ingin gambaran kala itu menjadi sesuatu yang mengagumkan, bermartabat karena awalnya tampak seperti dia sedang beristirahat sebentar," lanjutnya,

Rigby kembali melanjutkan, "Scott Miller berpikir bahwa kami perlu membangunkannya lagi. Ada dokter di antara penonton dan para kru 30A bekerja sangat keras untuk membuatnya sadar. Kami semua kehilangan seseorang yang sangat penting tadi malam."

Pertunjukan setengah jam yang diberikan Olney pada hari sebelumnya telah direkam dan diunggah di YouTube.

Olney adalah tokoh yang dihormati di komunitas folk-rock dan Americana yang telah merekam 20 album solo serta lagu-lagunya dibawakan ulang oleh Emmylou Harris, Linda Ronstadt, Del McCoury dan mantan teman sekamarnya Steve Earle.

Almarhum Townes Van Zandt pernah mengatakan bahwa Olney adalah salah satu musisi yang diidolakannya.

"Setiap kali ada yang bertanya kepada saya siapa penulis musik favorit saya, Saya katakan Mozart, Lightnin Hopkins, Bob Dylan dan Dave Olney. Dave Olney adalah salah satu penulis lagu terbaik yang pernah saya dengar - dan itu benar. Maksud saya dari hati saya," ujar Zandt.

Olney dikenal pertama kali sebagai anggota X-Rays, sebuah band yang masuk ke label Rounder pada awal 1980-an. Dia kemudian aktif sebagai artis solo bersama dengan label lain seperti Philco.

Olney melakukan penampilan ketiganya saat meninggal, setelah tampil di malam sebelumnya bersama Amelia White dan Mary Bragg sebelum pertunjukan solonya Sabtu sore. Dia juga dijadwalkan muncul minggu ini di pertemuan Folk Alliance di New Orleans.

Baca juga: Penyanyi opera Jessye Norman meninggal pada usia 74 tahun

Baca juga: James Ingram, penyanyi R&B peraih Grammy, meninggal dunia

Baca juga: Penyanyi Aretha Franklin meninggal

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020