Anti Hoax

Bupati Boven Digoel diisukan meninggal usai berzina, ini penjelasannya

Bupati Boven Digoel diisukan meninggal usai berzina, ini penjelasannya

Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop. (Antaranews Papua/Hendrina Dian Kandipi)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Bupati Boven Digoel, Papua, Benediktus Tambonop, pada Senin (13/1), menghembuskan nafas terakhir di salah satu penginapan berbintang lima di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Benediktus yang meninggal pada usia 44 tahun itu hadir di Jakarta untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional PDI-Perjuangan di Jakarta International Expo, sejak Jumat (10/1).

Dari olah TKP, polisi mengatakan Benediktus meninggal karena serangan jantung. 

Namun selepas Benediktus meninggal, beredar kabar dia meninggal usai berzina.

Salah satu situs berita nasional yaitu radarnonstop.co mengunggah artikel dengan judul "Usai ML Dengan Pemandu Bilyard, Peserta Rakernas PDIP Tewas Di Hotel". 

Berita tersebut diterbitkan pada 15 Januari 2020 pukul 12:47 WIB. Tapi ketika ANTARA mencoba mengaksesnya pada Senin (20/1/2020) pukul 13.00 WIB, berita itu sudah dihapus. 

Berita itu pun dibagikan oleh warganet dan menjadi pembahasan di media sosial seperti Facebook.

Bahkan, terdapat warganet yang menyebarkan foto kolase jenazah Benediktus, kartu peserta rakernas miliknya, satu botol jamu bertuliskan "Ihsanix", dan foto seorang perempuan.

Namun benarkah demikian?
 
Kiri: tangkapan layar berita sebelum dihapus. Kanan: tangkapan layar berita saat diakses pada Senin (20/1/2020). (Facebook)


Penjelasan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan jamu bernama Ihsanix memang ditemukan di kamar hotel yang merupakan lokasi kejadian Bupati Boven Digoel Benediktus meninggal.

Heru mengatakan jamu itu dikonsumsi oleh Benediktus untuk mencegah sakit jantung. Bukan hanya jamu, Polisi juga menemukan obat-obatan untuk penyakit jantung di kamar hotel itu.

Namun, Heru menegaskan penyebab kematian Bupati Boven Diegoel itu murni karena penyakit. Berdasarkan keterangan dokter, lanjut Heru, Benediktus meninggal karena serangan jantung. 

Polisi juga telah menghimpun keterangan dari pihak keluarga yang menyatakan Benediktus memang memiliki riwayat penyakit jantung. 

Polisi menyebut tidak ada unsur kriminal terkait kematian Bupati Boven Digoel itu. 

Kabid Humas Polda Metro Kombes Yusri Yunus juga membantah Benediktus meninggal usai melakukan zina. 

Menurut Yusri, Benediktus meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Polisi menyebutkan, berdasarkan pemeriksaan saksi, tidak ada pernyataan yang mengarah tuduhan korban meninggal usai melakukan zina. 


Klaim   : Bupati Boven Digoel diisukan meninggal usai berzina.
Rating :  Salah/Disinformasi


Baca juga: Pemprov Papua Barat segera serahkan draft revisi UU Otsus

Baca juga: Bupati Boven Digoel ditemukan tutup usia di hotel kawasan Kemayoran

 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasien meninggal dunia di ruang isolasi di RSUP Kariadi Semarang negatif Covid-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar