Selasa, sejumlah wilayah Jabodetabek diprakirakan hujan

Selasa, sejumlah wilayah Jabodetabek diprakirakan hujan

Ilustrasi - Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo menunjukkan bagan prakiraan cuaca di Kantor BMKG Jakarta, Selasa (14/1/2020). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan pada Selasa (21/1).

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis BMKG dalam situs www.BMKG.go.id, hujan disertai petir akan terjadi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara pada pagi hari.

Pada sore hari, hujan disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Di Depok dan Bekasi, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi pada pagi hari, sedangkan di Tangerang terjadi hujan lokal pada siang hari.

Di Bogor hujan lokal dan hujan ringan diprakirakan terjadi sejak siang hingga malam hari.

Baca juga: Semua daerah diminta BNPB ikuti perkembangan prakiraan cuaca BMKG

Sebelumnya, pada 17 Januari 2020, BMKG merilis data potensi terjadinya hujan lebat periode 20-23 Januari 2020 di sejumlah wilayah di Indonesia.

Hujan lebat itu diakibatkan sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata yang masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

BMKG menyatakan tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi pada 20-23 Januari 2020 di sejumlah wilayah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Baca juga: Hujan diprakirakan mengguyur Bogor dan wilayah Jawa Barat lainnya
Baca juga: Hujan di kawasan Puncak Bogor akan naikkan permukaan air di Katulampa

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG Jayapura pasang 17  alat sensor gempa tambahan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar