Tenis

Djokovic lewati putaran pertama, hujan ganggu Australia Open

Djokovic lewati putaran pertama, hujan ganggu Australia Open

Petenis Serbia Novak Djokovic melakukan service bola ke arah lawannya petenis Jerman Jan-Lennard Struffennis dalam laga putaran pertama Turnamen Tenis Australian Open, di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Senin (20/1/2020).  Djokovic melaju ke babak kedua setelah mengalahkan lawannya 7(7)-6(5), 6-2, 2-6 dan 6-1. ANTARA FOTO/Reuters-Kai Pfaffenbach/hp.

Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic melewati halangan yang berat pada putaran pertama untuk bergabung dengan Roger Federer dan Serena Williams di putaran kedua Australia Open, di mana hujan deras menyebabkan kekacauan pada Senin, yang memaksa penyelenggara untuk menunda sejumlah pertandingan.

Juara bertahan Australia Open asal Serbia itu harus berkeringat sebelum mengalahkan Jan-Lennard Struff dari Jerman dalam empat set 7-6 (7/5), 6-2, 2-6, 6-1 pada hari pertama, ketika kekhawatiran akan polusi udara digantikan oleh gangguan yang disebabkan oleh hujan.

Baca juga: Australia Open, Djokovic hadapi Struff dan Barty ditantang Tsurenko

Sementara permainan berlanjut di tiga stadion dengan atap yang bisa dibuka, setengah dari 64 pertandingan yang dijadwalkan Senin ditunda, sehingga dipastikan akan banyak pertandingan untuk hari Selasa.

Kondisi basah tidak biasa dalam Australia Open tahun ini, yang semula lebih banyak menghadapi gangguan cuaca panas ekstrem dan kabut asap dari kebakaran hutan sejak babak kualifikasi, yang mengakibatkan sejumlah pemain menderita batuk dan masalah pernapasan.

Kualitas udara dinilai 'baik' saat putaran pertama dimulai pada Senin, tetapi sekitar empat jam kemudian permainan di lapangan terbuka harus ditunda karena hujan deras di Melbourne.

Baca juga: Djokovic nyatakan tak ada favorit juara di Australia Open 2020

Petenis nomor tiga dunia Federer sempat keluar lapangan sementara atap Rod Laver Arena ditutup sebelum kembali untuk menyelesaikan kemenangan 6-3, 6-2, 6-2 atas petenis Amerika Steve Johnson.

Serena Williams, yang sedang mengejar gelar Grand Slam ke-24, memenangi set pertama melawan Anastasia Potapova hanya dalam 19 menit saat ia meraih kemenangan 6-0, 6-3 dalam waktu kurang dari satu jam.

"Saya merasa saya masih bisa meningkatkan dan menjadi lebih baik sepanjang turnamen ini, pasti. Ini adalah batu loncatan yang baik untuk saat ini," kata Williams seperti dikutip AFP.

Namun, kakak tertua Williams, Venus, tersisih setelah dikalahkan Coco Gauff yang berusia 15 tahun, yang menang 7-6 (7/5), 6-3.

Hasil itu mengulang kekalahan Venus pada putaran pertama di Wimbledon tahun lalu.

Baca juga: Serena Williams akhiri puasa gelar selama tiga tahun

Sementara itu Djokovic usai kemenangan itu mengakui ada banyak tekanan dan emosi yang berbeda dalam dirinya.

Di akhir pertandingan, juara bertahan Djokovic menjatuhkan set pertamanya sejak 2006 di babak pembukaan sebelum pulih untuk mengalahkan Jan-Lennard Struff 7-6 (7/5), 6-2, 2-6, 6-1.

"Ada banyak tekanan dan banyak emosi berbeda yang terlibat. Saya berusaha mengingatkan diri sendiri untuk tetap hadir dan benar-benar menikmati pertandingan ini," kata pemenang Australia Open tujuh kali ini, juga mencatat kemenangan ke-900 dalam turnamen level tour.

Di kelompok putri kejutan terbesar terjadi ketika mantan juara US Open Sloane Stephens tersingkir pada putaran putaran pertama setelah dikalahkan dalam tiga set oleh Zhang Shuai dari China. Kekalahan di putaran pertemna di Melbourne merupakan yang keempat kalinya dialami Stephens.

Baca juga: Australia Open dimulai sesuai jadwal setelah asap mereda

Baca juga: Shapovalov alami kekalahan di laga awal Australia Open

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tenis Ganda Campuran menjadi penutup yang manis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar