Anies terima usulan dua cawagub DKI Jakarta dari partai pengusung

Anies terima usulan dua cawagub DKI Jakarta dari partai pengusung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), didampingi Ketua Fraksi Gerindra M Taufik (kanan) dan Ketua Fraksi PKS Mohammad Arifin (kiri) menunjukan surat usulan cawagub DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Selasa (21/1/2020). ANTARA/dok Humas DKI Jakarta/pri.

kami akan proses di DPRD, setelah kami terima surat dari Pak Gubernur
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima secara langsung surat usulan nama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari dua partai pengusungnya yakni Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di Balai Kota, Selasa.

Dalam usulan yang diberikan oleh Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik, serta Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin, diajukan dua nama untuk mendampingi Gubernur Anies bekerja.

"Baru saja kami menerima pimpinan fraksi Gerindra dan pimpinan fraksi PKS menyampaikan dua nama yang menjadi usulan untuk menjadi calon Wagub DKI Jakarta, tadi sudah kami terima dan nanti Insya Allah akan kami proses," kata Anies.

Surat usulan yang mengajukan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan Politikus PKS Nurmansjah Lubis sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, nantinya akan diteruskan langsung ke DPRD DKI Jakarta agar dapat segera diproses.

Baca juga: Nurmansyah Lubis jadi Cawagub DKI karena proses sebelumnya buntu

"Jadi prosesnya kan memang dua partai itu mengusulkan pada Gubernur, lalu Gubernur meneruskan usulan partai pengusung pada Dewan. Lalu dewan memproses dan lakukan proses pemilihan," ujarnya.

Mengenai dua calon yang diajukan, Anies menyerahkan seluruh prosesnya kepada DPRD DKI Jakarta yang dipercayanya akan memilih calon yang sesuai sehingga akan membantu dalam mewujudkan program-program prioritas yang dirasakan langsung warga Jakarta.

"Saya percaya partai pengusung sudah mempertimbangkan semua faktor, sehingga mengusulkan karena tahu tanggung jawab di Jakarta tidak kecil dan kita juga tahu ada janji politik dari kampanye, ada RPJMD. Dan saya percaya kedua pribadi yang diusulkan ini pasti sudah mempelajari, memahami, dan siap untuk melaksanakan itu semua," tutur Anies.

Sementara itu, Ketua Fraksi Parta Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan dalam waktu dekat surat itu akan diproses di dewan sehingga Jakarta akan segera memiliki Wakil Gubernur.

Baca juga: Sosok Riza Patria, salah satu nama yang disodorkan dampingi Anies

"Alhamdulilah diterima oleh Pak Gubernur dan Insya Allah, saya kira warga Jakarta akan mempunyai Wakil Gubernur dalam waktu dekat, kami akan proses di DPRD, setelah kami terima surat dari Pak Gubernur," tuturnya.

Adapun Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Mohammad Arifin juga menegaskan dua calon tersebut akan memiliki sinergi dengan program-program prioritas Anies ke depannya.

"Kita minta supaya ini cepat diproses, sehingga dalam waktu dekat Jakarta memiliki wakil Gubernur yang sinergi dengan Pak Anies membangun Jakarta, maju kotanya bahagia warganya," ucapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sandiaga nilai dua Cawagub DKI mampu dampingi Anies

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar