Kemensos fokus revitalisasi balai dan program kebencanaan tahun ini

Kemensos fokus revitalisasi balai dan program kebencanaan tahun ini

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dalam acara penandatanganan nota kesepahaman di Kemensos, Jakarta, Selasa (21/1/2020). (ANTARA/Katriana)

Nanti akan ada revitalisasi balai-balai kita sehingga bisa lebih bagus,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengatakan revitalisasi balai rehabilitasi dan program kebencanaan akan menjadi fokus utama diantara program rutin lain yang dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos) pada tahun ini.

"Kita sudah melakukan beberapa hal yang rutin, antara lain PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Nontunai), itu rutin. Tapi terus terang kalau 3 bulan kemarin saya jadi menteri, tapi masih (memakai) anggaran tahun sebelumnya dan program yang tahun sebelumnya," kata Mensos di Jakarta, Selasa.

Untuk tahun ini, Kemensos akan melanjutkan program-program yang sudah dilakukan secara rutin tersebut, selain juga memprioritaskan beberapa program lain.

Program prioritas yang akan menjadi fokus Kemensos tahun ini di antaranya adalah program revitalisasi balai rehabilitasi yang selama ini dikelola Kemensos.

Baca juga: Kemensos dan Pertamina diskusikan kemungkinan sinergi bantuan

"Tahun ini kita terus terang, selain program-program bansos yang lebih tepat sasaran adalah seperti yang di tempatnya Pak Edi, rehabilitasinya," ujarnya.

Mensos ingin balai-balai rehabilitasi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos direvitalisasi sehingga memiliki kualitas yang lebih bagus dan layanan yang lebih prima.

"Nanti akan ada revitalisasi balai-balai kita sehingga bisa lebih bagus, kualitasnya lebih bagus, layanannya lebih prima," katanya.

Kemudian, Kemensos juga berencana untuk lebih memperkuat data yang mereka miliki, seperti data tentang jumlah orang kurang mampu di Indonesia.

Baca juga: Kemensos lakukan upaya persuasif atasi pemindahan mahasiswa tunanetra

"Kita ada penguatan-penguatan masalah data. Kita sering dipertanyakan soal data, perbaikan data," tambahnya.

Selain itu, Kemensos juga akan memperkuat program-program pemberdayaan seperti Kelompok Usaha Bersama (Kube).

"Akan ada program pemberdayaan yang anggarannya kita coba lebih besar," ujarnya.

Lebih lanjut, Kementeriannya juga akan memperkuat program kebencanaan, baik bencana alam maupun bencana sosial," sebutnya.

"Tahun ini jadi fokus kita selain menjalankan program-program yang sudah ada, kita jalankan seperti PKH dan BPNT," ungkap dia.

Baca juga: Mensos optimistis anak dengan perlindungan khusus bisa hidup normal

Pewarta: Katriana
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mensos berikan bantuan Rp1,9 miliar kepada korban banjir Pantura

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar