Wisatawan kapal MV The World juga menyerahkan bantuan berupa buku kepada masyarakat Raja Ampat yang diserahkan secara simbolis kepada pemerintah daerah
Waisai, Papua Barat (ANTARA) - Wisatawan mancanegara dengan kapal pesiar mewah MV The World dijadwalkan melihat burung cenderawasih (Paradisaeidae) menari di Kampung Sapokren, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Agen kapal pesiar MV The World Susi dalam pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Selasa (21/1) mengatakan bahwa kapal tersebut akan tiba di Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat pada Kamis (23/1) pukul 03.00 WIT.

Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh agen bahwa dari 195 wisatawan yang berlayar bersama MV The World hanya 50 orang yang turun dari atas kapal untuk menikmati keindahan alam Raja Ampat.

Menurut dia, sesuai agenda saat tiba di Waisai, Raja Ampat wisatawan kapal MV The World akan melihat burung cenderawasih menari di Kampung Sapokren.

"Wisatawan kapal MV The World juga menyerahkan bantuan berupa buku kepada masyarakat Raja Ampat yang diserahkan secara simbolis kepada pemerintah daerah," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo yang memberikan keterangan terpisah menyarankan kepada pihak agen kapal agar melibatkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat sehingga wisatawan MV The World didampingi pemandu wisata lokal guna melihat atraksi burung cenderawasih.

"Kapal MV The World wajib melibatkan pemandu wisata lokal sehingga wisatawan nyaman di tempat wisata, apalagi 'spot' melihat burung cenderawasih yang membutuhkan energi untuk mendaki," demikian Yusdi Lamatenggo.

 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020