Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (21/1) kemarin, mulai dari Komisi XI DPR yang memutuskan membentuk Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Kinerja Industri Jasa Keuangan, hingga mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar resmi menjabat Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara (PT PGN).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Buntut kasus Jiwasraya, Komisi XI bentuk Panja Pengawas Jasa Keuangan

Komisi XI DPR, Selasa, memutuskan membentuk Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Kinerja Industri Jasa Keuangan, yang dalam waktu dekat akan membahas permasalahan PT Asuransi Jiwasraya Persero, AJB Bumiputera 1912, PT Asabri Perseroan, dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto dalam jumpa pers di Jakarta, mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi tertutup dengan Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan.

Baca selengkapnya di sini

2. PPATK telusuri aliran dana kasus Jiwasraya

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin menyebutkan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan penelusuran terhadap aliran dana kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Kiagus mengaku telah menerima permintaan dari Kejaksaan Agung untuk memeriksa aliran uang terkait dugaan korupsi Jiwasraya tersebut sehingga hasil dari penelurusan nantinya akan langsung diserahkan ke aparat penegak hukum.

Baca selengkapnya di sini

3. Di WEF Davos, Luhut undang investor kembangkan pendanaan karbon

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengundang investor dan kalangan ekonomi dunia untuk ikut bekerja sama mengembangkan pendanaan karbon dalam rangkaian World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss.

"Kekayaan alam modal alam Indonesia ini sangat bernilai untuk karbon kredit, hilangnya karbon tidak dapat dipulihkan, sekali hilang mereka tidak dapat dipulihkan dalam skala waktu yang berarti bagi krisis iklim saat ini," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

4. Temui Komisi V DPR, pengemudi transportasi daring ingin dilegalkan


Pengemudi transportasi daring yang tergabung dalam Perkumpulan Pengemudi Transportasi dan Jasa Daring Indonesia (PPTJDI) menemui anggota Komisi V DPR RI untuk meminta agar DPR melegalkan pekerjaan mereka.

“Poin utamanya adalah saat ini roda dua belum menjadi bagian dari angkutan umum,” kata Ketua PPTJDI Igun Wicaksono di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

5. Mantan Wamen ESDM Arcandra Tahar jabat Komisaris Utama PGN

Mantan wakil menteri energi dan sumber daya mineral Arcandra Tahar resmi menjabat Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara (PT PGN) mendampingi Direktur Utama PGN Gigih Prakoso.

Saat ditetapkan sebagai Komisaris Utama, Arcandra tampak menyalami para jajaran komisaris dan direksi PGN, kemudian mengenakan jaket hitam bertuliskan The Gas.

Mantan Wamen ESDM tersebut resmi menggantikan Komisaris Utama sebelumnya IGN Wiratmadja Puja.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020