Orang yang datang untuk berbahagia dan bergembira di Jawa Barat itu melebihi target yakni 11 juta orang
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan sebanyak 60 juta wisatawan mengunjungi Provinsi Jabar pada 2019 atau di atas target Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebanyak 49 juta wisatawan.

"Sepanjang tahun 2019 kemarin, Jawa Barat memiliki prestasi di bidang pariwisata yang luar biasa. Dari target wisatawan 49 juta yang datang 60 juta. Artinya, orang yang datang untuk berbahagia dan bergembira di Jawa Barat itu melebihi target yakni 11 juta orang," katanya seusai membuka Peluncuran West Java Calendar Event and Festival 2020 di Kota Bandung, Jabar, Rabu.

Baca juga: Gubernur Jabar dukung pengembangan Wisata Air Jatiluhur

Emil mengatakan hingga saat ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar terus melakukan inovasi agar orang semakin tertarik berwisata dan menikmati pemandangan alam mulai dari pantai hingga pegunungan.

"Ada  yang datang (ke Jabar) untuk berkegiatan wisata buatan dan ada juga yang datang karena festival," kata dia.

Ia mengatakan festival wisata yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar jumlahnya mencapai ribuan mulai dari berskala kecil yang digelar di kampung hingga besar.

"Tapi, sekarang kita klasifikasi ada 167 festival unggulan untuk perkuatan ekonomi di Jabar. Nah, dari 167 ini ada olahraga, ada tradisi, ada yang sifatnya religius dan ada yang musik dan lain-lain. Nah, kontribusi ini nilainya saya coba hitung, ada triliunan (rupiah) datang dari perputaran itu," kata dia.

Menurut dia, ke-167 festival itu akan digelar di 27 kabupaten/kota dan ada lima festival yang menjadi unggulan.

"Bentuknya itu ada yang sifatnya di kota atau pedesaan, gunung dan lain-lain. Yang diunggulkan ada lima sesuai dengan standar yang diberikan Kemenparekraf. Jadi, lima ini dapat dukungan dari pusat," kata dia.

Festival wisata unggulan pada 2020 ialah Festival Asia Afrika di Kota Bandung, Festival Cap Go Meh, Festival Keraton di Cirebon, Festival Jatigede, dan Acara Kebudayaan Priangan di Garut.

Baca juga: Disparbud targetkan transaksi di Festival Jabar 2019 capai Rp5 miliar
Baca juga: Curugsawer Pangandaran bakal jadi andalan wisata baru di Jawa Barat

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020