Jakarta (ANTARA) - Mobil Honda CR-V telah terjual sebanyak 213.241 unit di Indonesia sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2000.

Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2000, sebagai sebuah SUV “Cross Country” yang menawarkan kenyamanan layaknya sebuah mobil penumpang yang dibekali dengan satu varian mesin 2.0L dengan percepatan AT dan manual.

"Honda CR-V sudah 20 tahun di Indonesia. Saya ingat waktu itu generasi satu hanya ada di Indonesia negara lain tidak ada," ujar Yusak Billy, Bussines Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor di Jakarta, Rabu.

Dalam perjalanannya di pasar otomotif Indonesia, Honda CR-V mengalami berbagai macam perubahan dari segi desain serta fitur yang disediakan.

Pada generasi kedua yang diluncurkan tahun 2002 mulai mengusung desain crossover yang lebih stylish dan peningkatan dari sisi performa dan utilitas. Sedangkan di generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2007, Honda CR-V tampil pertama kalinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang juga pertama di kelasnya.

Pada CR-V generasi keempat yang diluncurkan pada tahun 2012 mulai disematkan fitur berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa berkendara seperti Paddle Shift, Cruise Control, Drive by Wire, Grade Logic Control dan Shift Hold Control.

Generasi kelima All New Honda CR-V untuk pertama kalinya memperkenalkan mesin revolusioner 1.5 liter VTEC Turbo with Earth Dreams Technology. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 PS @ 5600 rpm dan torsi 24.8 Nm @ 2000 - 5000 rpm, yang merupakan terbesar di kelasnya.

Untuk pertama kalinya, Honda CR-V generasi kelima juga menawarkan pilihan bangku berkapasitas 7 penumpang.

All New Honda CR-V juga sudah dilengkapi dengan standar keselamatan tertinggi, dengan fitur seperti 6 airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold dan Emergency Stop Signal.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari konsumen dan rekan media selama 20 tahun perjalanan Honda CR-V di Indonesia," ujar Billy.


Baca juga: Mencicip "SUV Pintar" New Nissan X-Trail

Baca juga: Honda "recall" 172.874 unit mobil di Indonesia terkait kantung udara

Baca juga: Penjualan mobil Honda Juni meningkat 12 persen
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020