Kemenkeu pantau potensi dampak penyebaran virus corona

Kemenkeu pantau potensi dampak penyebaran virus corona

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) didampingin Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyampaikan keterangan pers seusai menggelar rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Rapat KSSK menyimpulkan stabilitas sistem keuangan Indonesia pada triwulan IV tahun 2019 tetap terkendali di saat ketidakpastian perekonomian global yang menurun serta permasalahan beberapa lembaga jasa keuangan di tanah air. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Kementerian Kesehatan telah melakukan sejumlah langkah antisipasi di sejumlah pintu masuk seperti bandara.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan memantau potensi dampak penyebaran virus corona yang kini ditemukan di beberapa negara di antaranya China dan Amerika Serikat.

"Kalau potensi, kami melihat regional, global karena menyangkut hal yang mungkin muncul lebih banyak yang bisa tertransmisikan sama seperti SARS dan (virus flu) H1N1," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam jumpa pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, Menkeu Sri Mulyani berkoordinasi intensif dengan Kementerian Kesehatan untuk mewaspadai potensi penyebaran virus yang pertama muncul di Kota Wuhan, China itu.

Baca juga: Sedikitnya sembilan orang meninggal dunia akibat virus korona China

Kementerian Kesehatan, kata dia, telah melakukan sejumlah langkah antisipasi di sejumlah pintu masuk seperti bandara.

Selain itu, pencegahan juga dilakukan di rumah sakit, kawasan industri dan lembaga lainnya.

Virus corona yang baru teridentifikasi di Wuhan, China, telah menyebar ke Beijing dan Shanghai.

Hingga kini lebih dari 300 orang terinfeksi virus tersebut dengan enam pasien meninggal, menurut pejabat kesehatan China.

Pekan lalu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mulai melakukan penyaringan terhadap pelancong asal China di tiga bandara AS.

Baca juga: AS konfirmasi kasus pertama virus korona China

Seorang pelancong asal China yang berada di Kota Seattle, AS terdiagnosis virus korona Wuhan, demikian juru bicara CDC.

Selain Amerika Serikat, terdapat laporan kasus virus korona di luar China seperti Korea Selatan, Thailand, dan juga Jepang.
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Enam pasien di Surabaya dinyatakan positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar