jadi rutenya start dari Ujung Pandang – Baubau, Baubau – Kendari, Kendari–Wangi-wangi. Khusus untuk Baubau setiap hari ada, kalau Wangi-Wangi seminggu tiga kali.
Kendari (ANTARA) - PT Garuda Indonesia akan kembali membuka penerbangan di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), setelah hampir satu tahun tidak beroperasi.

Branch Manager PT.Garuda Indonesia Cabang Kendari Syaiful Bahri di Kendari, Rabu, mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Baubau di rumah jabatan Wali Kota dengan rencana awal April 2020 sudah dioperasikan kembali.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan mengoperasikan pesawat penumpang regional jarak pendek ATR72 berkapasitas 70 penumpang.

Menurut Saiful, pesawat tersebut akan terbang dari Bandara Hasanuddin Makassar pukul 09.45 Wita dan akan tiba di Bandara Betoambari Baubau pukul 11.00 Wita. Kemudian bertolak dari Baubau menuju Kendari pukul 11.30 wita, dan Kendari menuju Wangi-Wangi (Wakatobi) pukul 12.40. Kemudian Wangi-wangi - Kendari pukul 14.15 Wita, dan Kendari –Baubau 15.35 Wita.

"Jadi rutenya start dari Ujung Pandang – Baubau, Baubau – Kendari, Kendari–Wangi-wangi. Khusus untuk Baubau setiap hari ada, kalau Wangi-Wangi seminggu tiga kali," ungkap Syaiful.

Baca juga: Erick Thohir: Komut baru Triawan Munaf dapat tingkatkan citra Garuda

Rute pesawat ini akan beroperasi di Baubau setiap hari sementara Wangi-Wangi tiga kali beroperasi dalam seminggu.

Wali Kota Baubau As Tamrin pada kesempatan terpisah menyambut baik langkah PT Garuda Indonesia. Rute penerbangan yang dibuka akan meramaikan transportasi udara di kota Baubau sekaligus mendorong mobilitas wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Ini dalam rangka mendorong geliat wisatawan di Baubau," ungkap Wali Kota Baubau dua periode itu.

Pemkot Baubau juga akan menggandeng pihak-pihak terkait, di antaranya Asosiasi Travel Agency (Asita), Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), bandara dan Dinas Perhubungan setempat.

"Makanya kami berikan mereka keyakinan bahwa Pemkot membuka ruang dan akses bagi Garuda untuk membuka jalur rute penerbangan, Bandara memperpanjang landasan pacunya, teman-teman ASITA, PHRI dan Pramuwisata dan Pemkot Baubau medukung sepenuhnya," tuturnya.
Baca juga: Irfan Setiaputra "pilot baru" Garuda Indonesia

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020