kami belum dapat memastikan berapa banyak kapal yang disiapkan untuk dijadikan hotel terapung
Jayapura (ANTARA) - PT Pelni menyatakan siap menyediakan hotel terapung guna mengantisipasi kebutuhan akomodasi selama penyelenggaraan PON 2020 yang dijadwalkan pada Oktober.

Kepala PT Pelni Jayapura Harianto Sembiring di Jayapura, Rabu, mengatakan secara umum Pelni siap membantu mengatasi kekurangan akomodasi dengan mengerahkan kapal untuk dijadikan hotel terapung.

Baca juga: PLN Jayapura segera rampungkan kelistrikan 28 venue PON 2020

Memang sudah ada pembicaraan awal dengan penyelenggara namun hingga kini belum dapat dipastikan berapa besar kebutuhannya.

"Karena itulah kami belum dapat memastikan berapa banyak kapal yang disiapkan untuk dijadikan hotel terapung," kata Sembiring seraya menambahkan, pihaknya masih menunggu permintaan dari panitia.

Pelni saat ini mengoperasikan lima kapalnya untuk melayani rute hingga ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan kapasitas berbeda-beda. 

Baca juga: 1.000 gerabah Kampung Abar disiapkan untuk cenderamata PON 2020 Papua

Dari lima kapal yang beroperasi, yang memiliki kapasitas besar adalah KM Labobar dengan daya tampung 3.000 penumpang kemudian KM Sinabung berkapasitas 2.000 penumpang, dan KM Gunung Dempo dengan kapasitas 1.600 penumpang.

"Kemudian KM Dabonsolo sebanyak 1.500 penumpang dan KM Ciremai 1.000 penumpang," kata Sembiring.

Baca juga: Pembangunan venue PON 2020 serap dana APBD Papua sebesar 2,4 T

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020