Pemkab Lamandau gelar kontes durian lokal untuk dapatkan bibit unggul

Pemkab Lamandau gelar kontes durian lokal untuk dapatkan bibit unggul

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (kiri) bersama ketua TP PKK Lamandau Rusdiyanti mencicipi buah durian lokal yang ikut dalam kontes durian lokal di halaman GPU Lantang Torang Nanga Bulik, Selasa (22/1/2020). ANTARA/HO-Pemkab Lamandau/pri.

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, menggelar kontes durian lokal sebagai upaya mencari bibit unggul dan mempunyai rasa terbaik agar dapat dikembangkan sekaligus menjadi unggulan.

Kontes yang baru pertama kali digelar itu juga sebagai upaya memperkenalkan salah satu kearifan lokal sekaligus hasil kekayaan alam kabupaten ini, kata Bupati Lamandau, Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Rabu.

"Saya bersyukur, 59 desa di Kabupaten Lamandau mengikuti kontes ini. Semoga hasilnya nanti memuaskan dan didapat buah durian yang jadi bibit unggul dengan rasa terbaik," katanya.

Kontes durian lokal tersebut diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lamandau, dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Lamandau Rusdiyanti Hendra Lesmana.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Baku itu mengatakan kontes durian lokal sebagai ajang ekshibisi sebelum dilaksanakan kontes durian sesungguhnya dengan mengundang kabupaten lain untuk ikut berkompetisi.

Baca juga: Durian Babel disebut memiliki citra rasa terbaik di dunia

Baca juga: Duri Hitam juara kontes Durian Banjar 2020

Baca juga: Distan Kalbar lakukan observasi durian pemenang kontes


Untuk mengetahui jenis durian terbaik, nantinya semua jenis durian yang berasal dari puluhan desa tersebut dicicipi terlebih dahulu baik rasa maupun tekstur serta aromanya sehingga masyarakat luas nantinya mengetahui bahwa Lamandau mempunyai kualitas durian baik, varian, rasa dan aromanya merupakan yang terbaik.

"Kami akan agendakan kontes durian ini menjadi kegiatan tahunan yang bakal rutin di gelar, dengan kontes ini maka akan memberikan motivasi bagi masyarakat atau pembudi daya untuk menghasilkan produk durian terbaiknya," kata Hendra.

Sementara itu, Kepala Distanakan Lamandau Tiryan Kuderon melalui Kepala Bidang Perkebunan Iswahyudi Yanto menjelaskan dalam penilaian kontes durian lokal ini ada sembilan kriteria yang digunakan, namun lantaran baru pertama kali digelar maka hanya ada enam kriteria.

"Meliputi warna, ketebalan daging buahnya, rasa dan aroma, tampilan dan usia pohon buah yang diikutkan dalam kontes," kata dia.

Selain Ketua TP PKK bertindak sebagai dewan juri juga ada dari unsur OPD terkait dan Forkompinda Lamandau.

Di kesempatan itu, Kepala DPMD Kabupaten Lamandau, Muriadi menambahkan kegiatan kontes buah durian lokal ini sebagai rangkaian kegiatan Raker seluruh camat, kepala desa dan kepala DPD di kabupaten setempat.

Turut hadir dalam kegiatan kontes durian Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, Ketua DPRD M. Bashar, Pj Sekda Lamandau, H Masrun, Dandim 1017/Lmd, Kol Inf. Hafes Is Jafrin serta sejumlah Kepala OPD dan perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Lamandau.*

Baca juga: Durian kunyit asal Kembayan Sanggau juara kontes durian 2019

Baca juga: Jangan bilang durian terbaik dan terenak, sebelum ikuti kontes ini

Baca juga: 31 peserta ramaikan Kontes Durian Rancamaya

Pewarta: Kasriadi/Koko Sulistyo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi dan Prabowo bertolak ke Kalteng tinjau Lumbung Pangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar