TNI-Polri kerahkan personel timbun jalan amblas Buol-Gorontalo

TNI-Polri kerahkan personel timbun jalan amblas Buol-Gorontalo

Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias, Dandim 1314/Gorontalo Utara dan AKBP Dicky Irawan Kesuma, Kapolres Gorontalo Utara, tinjau jalan amblas lintas Sulawesi Buol-Gorontalo. (ANTARA/HO)

Gorontalo (ANTARA) - Lembaga TNI dan Polri di wilayah hukum Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengerahkan personelnya untuk menimbun jalan amblas di perlintasan Sulawesi, jalur Buol, Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, tepatnya di Dusun Sipatana, Desa Tolite Jaya, Kecamatan Tolinggula.

"Hari ini kami melakukan penanganan lanjutan, setelah penanganan pada Selasa malam (21/1), didukung perangkat Desa Tolite Jaya dan warga," ujar Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias, Dandim 1314/Gorontalo Utara, di Gorontalo, Rabu.

Pemasangan pagar pengaman di ujung jalan yang ambles, termasuk meletakkan batang pohon disertai garis kuning di sepanjang tepi jalan yang amblas serta penempelan stiker scotlite agar jelas dilihat oleh para pengguna jalan raya tersebut khususnya di malam hari.

Kodim 1314 Gorontalo Utara menerjunkan personel Babinsa Koramil Sumalata serta personel Polres Gorontalo Utara melakukan penimbunan jalan sepanjang 100 meter di sisi kanan jalan, termasuk perataan dan pelebaran jalan, serta membangun drainase sementara untuk pengalihan jalan air agar jalan dapat dilewati dan aman dilintasi kendaraan baik motor maupun mobil, termasuk truk bermuatan berat.

Baca juga: Lintas Sulawesi Buol-Gorontalo di Gorontalo Utara terancam putus

Baca juga: Curah hujan tinggi, wilayah barat Gorontalo Utara terjadi jalan amblas


Sistem buka tutup jalan tetap berlaku, mengingat jalan masih tergolong rawan dilalui kendaraan secara bersamaan dari dua arah.

"Kami sudah melakukan koordinasi dan melaporkan penanganan tersebut kepada Gubernur Gorontalo, Danrem 133/Nani Wartabone, serta Bupati Gorontalo Utara," ujar Dandim.

Koordinasi juga dilakukan dengan beberapa pihak, diantaranya dengan Kepala Bidang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Provinsi Gorontalo khusus ruas jalan Bulontio-Tolinggula dan Bogou-bogou, juga Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Gorontalo Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Manado, terkait penanganan sementara yang akan ditindaklanjuti dengan pengerahan alat berat jenis eskavator untuk penimbunan sementara jalan ambles.

"Saat ini alat berat sementara bergerak menuju lokasi," ucap Dandim.

Sesuai informasi Camat Tolinggula dan Kabid PPK 1.1 Prov Gorontalo, anggaran perbaikan jalan tersebut telah dialokasikan dan melalui proses lelang.

"Tahun anggaran 2020 ini, jalan tersebut mulai dikerjakan," kata Dandim dalam keterangannya.*
 
Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias, Dandim 1314/Gorontalo Utara dan AKBP Dicky Irawan Kesuma, Kapolres Gorontalo Utara, tinjau jalan amblas lintas Sulawesi Buol-Gorontalo dan penanganannya. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar