Pembuang sampah sembarangan bisa kena hukuman tiga bulan di Padang

Pembuang sampah sembarangan bisa kena hukuman tiga bulan di Padang

Arsip Foto. Pegiat lingkungan mengumpulkan sampah plastik di Pantai Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat, Senin (22/4/2019). Dalam upaya mengatasi masalah sampah, Pemerintah Kota Padang mengenakan hukuman kepada warga yang kedapatan buang sampah sembarangan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama.

Padang, (ANTARA) - Warga Kota Padang yang kedapatan membuang sampah sembarangan bisa kena hukuman kurungan paling lama tiga bulan atau denda Rp5 juta berdasarkan peraturan daerah mengenai pengelolaan sampah.

"Mengacu pada Pasal 63 Perda Kota Padang No.21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah, Pemerintah Kota Padang mengimbau warga kota tidak membuang sampah sembarang karena bagi yang kedapatan bisa dikenai sanksi kurungan hingga denda," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon di Padang, Rabu.

Selain itu, ia mengatakan, warga Padang dilarang membuang sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS) pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dilarang membakar sampah tidak sesuai dengan persyaratan teknis, dan dilarang membuang sampah tanpa dipilah berdasarkan sifat dan jenisnya.

"Warga juga dilarang keras mencampur sampah dengan limbah berbahaya dan beracun," kata dia.

Warga yang melanggar aturan mengenai pengelolaan sampah, seperti membuang sampah di TPS tidak pada waktunya dan mencampur sampah dengan limbah beracun, menurut dia, bisa kena denda penambahan penambahan retribusi sampah atau kerja sosial.

Mairizon mengimbau warga lebih peduli pada kebersihan kota dan melaporkan warga yang suka membuang sampah sembarangan.

"Jika Anda peduli dengan kebersihan Kota Padang, mari videokan dan laporkan pelaku yang membuang sampah tidak pada tempatnya, ada insentif Rp100 ribu per laporan," kata dia.

Baca juga:
Padang akan bersihkan sampah dan bangkai kapal di Batang Arau
Padang operasikan otomatisasi sistem pembuangan sampah

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kementerian LHK salurkan bantuan kendaraan sampah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar