Kapal tugboat Kurnia kandas diketahui bermuatan Kernel sawit

Kapal tugboat Kurnia kandas diketahui bermuatan Kernel sawit

Kapal tugboat menarik tongkang bermuatan kernel sawit kandas di perairan pantai Tanjung Tuing Bangka (babel.antaranews.com/kasmono)

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono melalui Kasatpolair AKP Elpiadi, di Sungailiat, Rabu, mengatakan kapal tugboat Kurnia XVI GT.58.No. 740/RRc - 013 Rc No.974/L yang kandas di peraiaran Pantai Tanjung Tuing, Kabupaten Bangka diketahui bermuatan ker
Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Kapal tugboat Kurnia yang kandas di perairan Pantai Tanjung Tuing, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diketahui bermuatan kernel sawit dari Kalimantan Barat menuju Talang Duku, Provinsi Jambi.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono melalui Kasatpolair AKP Elpiadi, di Sungailiat, Rabu, mengatakan kapal tugboat Kurnia XVI GT.58.No. 740/RRc - 013 Rc No.974/L yang kandas di peraiaran Pantai Tanjung Tuing, Kabupaten Bangka diketahui bermuatan kernel sawit.
Baca juga: Basarnas cari juru masak Tugboat yang tenggelam di Sungai Siak

Hasil keterangan di lapangan, kata dia, diketahui kapal itu melakukan pelayaran dari Kalimantan Barat pada tanggal 3 Januari 2020 menuju Talang Duku, Provinsi Jambi dengan menarik Tongkang Mitra Bahari.

"Tugboat yang menarik tongkat tersebut terseret di pinggir pantai pada saat kapal berlayar di perairan Bangka dengan kondisi cuaca buruk dengan ketinggian gelombang mencapai tiga meter," katanya lagi.

Dia mengatakan, saat bersamaan tersebut kondisi mesin kapal mengalami kerusakan, sehingga tugboat tersebut tidak mampu menarik tongkat yang bermuatan kernel sawit.

"Tugboat dan tongkang dengan enam anak buah kapal dalam posisi kandas di atas batu karang tanpa kemiringan pada posisi koordinat 01'36'950 S, 106'03'197 E," ujarnya pula.
Baca juga: Tugboat tenggelam di perairan Tanjung Selatan, 10 korban selamat

Identitas anak buah kapal dan nakhoda kondisi selamat, masing-masing Mangapul.P Simamora Hambatan sebagai nakhoda, Hadi Sektiawan jabatan Mualim I, Fiktor Giantoro jabatan sebagai KKM, Yoga Ariyanto sebagai Masinis II, Zulkarnain sebagai Juru Mudi dan Jimi Faisal Lumban Gaol sebagai juru masak.

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar