80 persen usulan Musrenbang Jakarta Utara 2019 diserap pemerintah

80 persen usulan Musrenbang Jakarta Utara 2019 diserap pemerintah

Pekerja memasang batu alam pada bagian turap Kali Ancol di Jakarta Utara, Selasa (3/12/2019). Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan turap Kali Ancol sebagai bagian dari program pengendali banjir yang nantinya pelebaran turap tersebut digunakan sebagai jalur pedestrian bagi warga. Rencananya pembangunan prasarana kali tersebut selesai pada akhir tahun 2019. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz)

80 persen sudah terserap dan programnya bisa direalisasikan 2020 ini
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Jakarta Utara Hidayat Budiawan menyatakan sekitar 80 persen usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 sudah diserap pemerintah.

"80 persen sudah terserap dan programnya bisa direalisasikan 2020 ini," kata Hidayat di Jakarta, Rabu.

Hidayat mengatakan apa yang diusulkan masyarakat melalui tahapan Musrenbang akan terus diperjuangkan untuk bisa terealisasi.

Baca juga: Musrembang kelurahan se-Jakarta Utara hasilkan 1.943 usulan kegiatan

Pelaksanaan Musrenbang kelurahan 2020 merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 89 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Musrenbang 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta 2021.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menyatakan perbandingan Musrenbang 2019 untuk rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, dengan Musrenbang 2020 untuk APBD 2021 terdapat peningkatan sekitar 34 persen.

"Sebuah proses yang bagus, dimana tingkat kepercayaan masyarakat sekaligus apresiasi masyarakat kepada kinerja pemerintah semakin meningkat," ujarnya.

Baca juga: Anies sebut Musrenbang libatkan RW dan mahasiswa

Sigit menegaskan agar usulan yang disampaikan adalah kebutuhan yang tidak hanya menyelesaikan keperluan saat ini saja, tetapi diharapkan usulan pola investasi yang punya daya pakai lebih di kemudian hari.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menteri PPPA dorong Musrenbang harus libatkan anak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar